Tak masuk PSN, proyek Bandara Kediri tetap raih kemudahan dari pemerintah

Rabu, 09 Mei 2018 | 14:43 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan Bandara Kediri tidak akan masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN). Meski demikian, proses pembangunan bandara tersebut akan mendapatkan prioritas.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Agus Santoso, mengatakan salah satu kriteria proyek yang bisa masuk dalam PSN yaitu selesai pembangunannya pada 2019. Sedangkan, proyek ini diperkirakan belum bisa rampung pada tahun depan.

"Bukan PSN tapi tetap jadi prioritas. Kalau PSN kan harus selesai 2019," ujar dia di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Meski tidak masuk PSN, lanjut dia, namun bandara yang dibangun oleh PT Gudang Garam tetap akan mendapatkan kemudahan dalam proses pembangunannya. Salah satunya soal pembebasan lahan.

"Kan PSN ada skema-skema, kriteria tertentu. Dia (Bandara Kediri) prioritas bukan PSN dan dia adalah greenfield. Greenfield itu mulai pembebasan lahan, konstruksi airport dan sebagainya bahkan operasinya join yang sudah memiliki BUBU (badan usaha bandar udara). Jadi nanti dari pengadaan sampai operasi purely by swasta, tapi pengoperasian bukan kepemilikan," jelas dia.

Sementara, terkait upaya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan yang kembali mengusulkan agar bandara ini masuk PSN, Agus menyatakan Kemenhub tetap menyambut baik hal tersebut.

"Ya bagus juga, tapi PSN kan targetnya salah satunya selesai 2019. Jadi prioritas dan bukan selesai 2019," tandas dia. kbc10

Bagikan artikel ini: