Kebun percobaan PG jadi tempat praktik budidaya pertanian anggota Kodim

Selasa, 15 Mei 2018 | 12:52 WIB ET

GRESIK, kabarbisnis.com: PT Petrokimia Gresik (PG) bekerjasama dengan Kodim 0817/Gresik menggelar pelatihan dan praktik budidaya tanaman padi sistem jajar legowo serta sayuran hortikultura. Acara yang diikuti puluhan anggota TNI AD tersebut digelar di Kebun Percobaan (Buncop) PG, Senin 14 Mei 2018.

Direktur Keuangan, SDM, dan Umum PG Dwi Ary Purnomo menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk sinergi antara PG dengan Kodim 0817/Gresik. Pelatihan ini merupakan tools, nantinya bisa disosialisasikan kepada petani sehingga bisa mewujudkan ketahanan pangan.

"Melalui kegiatan ini diharapkan juga hubungan antara petani, TNI AD, dan Petrokimia Gresik bisa terjalin semakin harmonis, sehingga mampu mewujudkan program ketahanan pangan Pemerintah," ujar Dwi.

Pasiterdim 0817/Gresik Kapten Inf Prasetyo Edi Tunggal mengatakan, tahun 2018 ini Kodim 0817/Gresik diperintahkan untuk melaksanakan sosialisasi bidang pertanian, bentuknya praktik penananam padi jajar legowo, dan tanaman hortikultura.

"Kegiatan ini nanti diaplikasikan dengan demplot (demonstration plot) seluas 1 hektare (ha) tanaman padi, dan 100 polybag sayuran cabai, terong dan sawi," ujarnya.

Kapten Prasetyo mengungkapkan, anggota Kodim 0817/Gresik sebelum mengikuti praktik penanaman padi jajar legowo dan sayuran di Buncop, mereka menerima materi atau teori di Markas Kodim 0817/Gresik. Pematerinya dari PG, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan Dinas Pertanian Gresik.

"Dan kegiatan ini merupakan kedua kalinya bagi Anggota Kodim 0817/Gresik praktik tanaman padi, dan baru pertama untuk praktik hortikultura," tandasnya.

Ia berharap keilmuan yang didapat dalam kegiatan ini bisa menjadi bekal di lapangan. Sebab pihaknya menemukan masih banyak petani di lapangan yang takut dengan sistem padi jajar legowo.

Komandan Kodim 0817/Gresik, Letkol Kav. Widodo Pujiyanto dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas support yang diberikan PG kepada Kodim 0817/Gresik, karena TNI AD mendapatkan tugas menyukseskan program Pemerintah ketahanan pangan.

"Tiap hari kita harus melaporkan mulai dari penanaman, panen, hingga penyerapan hasil panen yang kita lakukan," tandas Komandan Kodim.

Diharapkan kedepan kerjasama antara Kodim 0817/Gresik dengan PG terus berlanjut, seperti sosialisasi pemupukan berimbang kepada petani. kbc3

Bagikan artikel ini: