Suzuki ikut panaskan pasar motor skutik bongsor 150cc

Jum'at, 18 Mei 2018 | 15:14 WIB ET

TOKYO, kabarbisnis.com: Tak hanya Yamaha dan Honda yang berlomba-lomba membuat skutik bermesin 150cc. Suzuki pun memutuskan akan memproduksi skutik bongsor bermesin 150 cc untuk pasar global.

Chairman Suzuki Motor Corporation (SMC) Osamu Suzuki yang pernah mengatakan bahwa kedepan batas minimum kubikasi varian skutik suzuki 150cc untuk produk globalnya. Osamu juga menegaskan bahwa mereka akan membuat moge yang akan di jual ke seluruh dunia.

Untuk mesin di bawah 150 cc Suzuki sudah memiliki Let's and Access yang terpasang dengan kuat di segmen 110cc dan 125cc, ini memperkuat spekulasi bahwa skuter baru akan bermesin 150cc.

Sebelumnya,  Suzuki Burgman menggunakan mesin SOHC silinder tunggal 124,3 cc dengan pendingin udara. Menggunakan karburator  dan penggerak CVT, namun untuk sistem kelistrikan Suzuki masih merahasiakannya.

Kaki-kaki depan dilengkapi dengan shockbreaker model teleskopik, dan bagian belakang menggunakan shock absorber tipe hidrolik. Rem cakram di depan dan di bagian belakang.

Model sendiri masih sesuai dengan garis keturunan Burgman, Gaya Street memiliki desain bulat dengan lampu depan LED, kaca depan body-mount, posisi kaki terentang fleksibel, Burgman 125 memiliki instrumentasi serba digital. Velg belakang 12-inci dan 10-inci belakang dibungkus ban tubeless 90/90 dan 90/100 masing-masing.

Sayangnya dalam hal ini, perusahaan belum mengungkapkan berapa tenaga yang mampu dihantarkan oleh skutik bongsor ini. Di pasar India, Burgman Street akan menantang Honda Grazia, TVS Ntorq 125, dan Vespa SXL / VXL 125 yang sudah terlebih dahulu mengisi segmen tersebut. Sedangkan bila didatangkan ke Indonesia, tentu model ini akan menjadi penantang berat Yamaha Lexi. kbc10

Bagikan artikel ini: