Pelindo III siapkan 14 ribu tiket gratis untuk penumpang kapal laut saat mudik Lebaran

Sabtu, 19 Mei 2018 | 22:33 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Menjelang libur hari raya Idul Fitri, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III telah menyiapkan 14.000 tiket gratis pada masa mudik tahun 2018. Jumlah ini meningkat lebih dari dua kali lipat dibanding pencapaian tahun lalu yang tercatat sekitar 6.000 penumpang.

CEO Pelindo III Ari Askhara menuturkan bahwa program mudik gratis merupakan representasi kepedulian negara dalam memberikan rasa nyaman dan kemudahan dalam pelaksanaan mudik. “Tahun lalu, antusiasme pemudik kapal laut cukup tinggi dalam memanfaatkan program mudik gratis yang kami sediakan. Okupansinya bahkan mendekati 100 persen,” kata Ari Askhara di Surabaya, Sabtu (19/5/2018).

Berbekal evaluasi pelaksanaan tahun lalu, Pelindo III tak tanggung-tanggung untuk menaikkan target jumlah peserta mudik gratis. BUMN kepelabuhanan tersebut juga menggandeng BUMN lainnya, yaitu PT Pelni selaku penyedia moda transportasi laut dan Perum Damri selaku penyedia moda transportasi darat. “Kami berharap, masyarakat Indonesia dapat melihat dan merasakan kehadiran BUMN yang senantiasa bersinergi untuk memberikan yang terbaik bagi negeri,” katanya menambahkan.

Selanjutnya, 14.000 tiket gratis tersebut akan dialokasikan kepada 1.700 pemudik pengguna kapal laut yang berangkat melalui Pelabuhan Kumai atau Pelabuhan Sampit dan dengan tujuan Semarang maupun Surabaya. Sementara, 12.300 lainnya didistribusikan kepada penumpang kapal laut yang tiba di Pelabuhan Tanjung Perak maupun Pelabuhan Tanjung Emas dan hendak meneruskan perjalanannya menggunakan bis ke sejumlah kota di Jawa Timur maupun Jawa  Tengah.

“Kami menyediakan 260 trip mudik gratis melalui bis. Rinciannya adalah 150 trip diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Perak dan 110 trip dari Pelabuhan Tanjung Emas,” kata Corporate Secretary Pelindo III Faruq Hidayat. Bersama Perum Damri, Pelindo III mengerahkan 15 armada bis di Pelabuhan Tanjung Perak dan 10 armada bis di Pelabuhan Tanjung Emas.

Dari Pelabuhan Tanjung Perak, ke-15 bis tersebut akan berangkat menuju lima kota yang merupakan tujuan akhir, yaitu: Jember, Madiun, Trenggalek, Cepu, dan Blitar. Sementara untuk sepuluh bis dari Pelabuhan Tanjung Emas, akan bertolak menuju 7 kota tujuan akhir, yaitu: Yogyakarta, Rembang, Wonosobo, Purworejo, Solo, Purwodadi, dan Tegal. “Bis-bis ini akan menyinggahi sejumlah kota yang menjadi bagian dari rute masing-masing trip,” kata Faruq.

Hingga hari Kamis (17/05/2018), Pelindo III telah menerima 1.540 pendaftar mudik gratis menggunakan kapal laut. Untuk peserta mudik gratis menggunakan bis, Pelindo III telah menjaring sebanyak 1.514 pemudik. Artinya, kuota penumpang bis masih tersedia cukup banyak.

Pendaftaran program mudik gratis dimulai dari tanggal 2 Mei 2018 sampai dengan tanggal 12 Juni 2018. Setelah melakukan pendaftaran, peserta mudik gratis dapat melakukan validasi pendaftaran di posko mudik gratis di pelabuhan asal untuk mendapatkan tiket kapal Pelni dan voucher moda bis. Sementara bagi penumpang kapal laut yang berangkat dari kota selain Kumai dan Sampit, dapat melakukan pendaftaran maupun validasi di Pelabuhan Tanjung Emas dan Pelabuhan Tanjung Perak.

Kendati berlangsung sejak tanggal 1 Juni sampai dengan 12 Juni 2018, Pelindo III tetap menyediakan layanan bis gratis di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya bagi penumpang kapal laut KM Kelimutu yang diperkirakan tiba pada tanggal 13 Juni 2018. Pasalnya, armada kapal milik Pelni tersebut baru meninggalkan Pelabuhan Sampit pada tanggal 12 Juni 2018.

"Kami tak hanya sekadar memfokuskan diri pada kebutuhan pelanggan kami, tetapi juga harus mampu melampaui harapan mereka. Jika memang ada peserta mudik gratis yang telah mendaftar di pelabuhan asal tepat pada akhir masa program, dan pada kenyataannya tiba di Pelabuhan Tanjung Perak keesokan harinya, kami akan tetap menyediakan bis gratis di Tanjung Perak kendati hal itu terjadi di luar rentang waktu program,” pungkas Faruq.kbc6

Bagikan artikel ini: