Naikkan harga seenaknya selama Ramadan, pedagang dan pengusaha bakal ditindak

Senin, 21 Mei 2018 | 09:55 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah melalui Kementerian Pertanian menjamin pasokan dan harga pangan pokok stabil selama bulan Ramadan hingga Lebaran Idul Fitri. Selain itu, pihaknya akan menindak tegas distributor nakal yang menaikkan harga secara sepihak.

Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, mengaku telah melakukan pengecekan harga komoditas yang dibutuhkan masyarakat saat Ramadan. Menurutnya, sejauh ini tidak ada alasan pedagang menaikkan harga.

"Bila ada yang nakal, laporkan pada kami, tetapi harus faktual, lengkap, nama perusahaannya atau nama pedagang bila itu di tingkat pedagang," kata Menteri Amran, akhir pekan lalu.

Menurut Menteri Amran, harga berbagai komoditas pangan ini tidak boleh naik. Harga di semua daerah harus sama karena Toko Tani Indonesia, ada di 3.000 titik dan bekerja sama dengan 7.000 BUMN dan BUMD.

Jika ada info kenaikan harga atau kekurangan pasokan di satu wilayah, dapat diketahui hanya hitungan jam. "Barang kebutuhan segera didistribusikan, jadi sekarang, semua diupayakan dengan cepat dan tepat," tutur Menteri Amran.

Menteri Amran menambahkan, saat ini pemerintah bekerja fokus membangun sistem kluster yang berdasar klimatologi dan wilayah, sehingga tidak lagi sporadis dan parsial seperti waktu yang lalu. "Semua harus fokus, bukan hanya komoditas, sumber daya manusianya juga kita ajak fokus," sebutnya. kbc10

Bagikan artikel ini: