Dukung operasional perusahaan, PTPN X terbitkan MTN Rp 500 miliar

Rabu, 23 Mei 2018 | 17:30 WIB ET
Menteri BUMN Rini Soemarno bersama Dirut PTPN X, Dwi Satriyo Annurogo.
Menteri BUMN Rini Soemarno bersama Dirut PTPN X, Dwi Satriyo Annurogo.

SURABAYA, kabarbisnis.com: Perusahaan pergulaan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X menerbitkan Surat Utang Jangka Menengah atau Medium Term Notes (MTN) Tahun 2018 sebesar Rp 500 Miliar.

Perjanjian terkait penerbitan MTN tersebut ditandatangani di Jakarta oleh PTPN X sebagai emiten bersama dengan BNI Sekuritas selaku arranger dan PT BNI (Persero) selaku Agen Pemantau. Adapun pembayaran dari investor kepada arranger ditetapkan pada Jumat kemarin. MTN PTPN X ini memiliki jangka waktu selama tiga tahun hingga Mei 2021 dengan penawaran terbatas.

Direktur Utama PTPN X, Dwi Satriyo Annurogo mengatakan, penerbitan MTN ini merupakan langkah strategis keuangan PTPN X sebagai alternatif sumber pendanaan bagi perseroan, ditunjang dengan proses penerbitan MTN relatif lebih sederhana dan cepat dibanding dengan penerbitan obligasi.

“Kinerja PTPN X Tahun 2017 meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2016, baik dari sisi produksi maupun keuangan. PTPN X berhasil membukukan diri sebagai produsen gula terbesar dengan kontribusinya yakni 16% dari total produksi gula nasional dengan laba perusahaan (audited) sebesar Rp 64,75 miliar,” ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Selasa (22/5/2018).

Berdasarkan kinerja yang cukup baik tersebut, PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) telah melakukan pemeringkatan tahunan atas MTN Tahun 2018 PTPN X dengan hasil yaitu BBB (Triple B), yang artinya PTPN X mempunyai kemampuan yang memadai terhadap komitmen keuangan jangka panjangnya.

Minat para investor terhadap MTN PTPN X sangat tinggi. Hal ini tampak pada kuota investor untuk MTN sudah terpenuhi. “Kuota investor untuk MTN PTPN X telah terpenuhi. Hal ini menunjukkan kepercayaan investor kepada kinerja dan bisnis PTPN X begitu tinggi,” ungkapnya.

Tahun 2018 ini, PTPN X menargetkan produksi 397.341 ton gula kristal putih dengan tebu digiling sejumlah 4.951.849 ton. “Adanya MTN ini nantinya akan membantu operasional dan pengembangan bisnis PTPN X. Sehingga target-target tahun 2018 dapat tercapai dengan optimal,” tambah Dwi. kbc6

Bagikan artikel ini: