Puncak konsumsi Avtur diperkirakan pada H-5 Lebaran

Jum'at, 25 Mei 2018 | 21:50 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Pertamina (Persero) memproyeksikan konsumsi avtur mencapai puncaknya pada H-5 dan H+7 Lebaran tahun ini. Kendati demikian, Pertamina memastikan langkah kesiapan sudah dilakukan untuk memastikan kelancaran pasokan bahan bakar pesawat tersebut.

Kenaikan avtur selama arus mudik 2018 diperkirakan meningkat sekitar 5% dari rata-rata normal 15.606 kiloliter (KL) per hari menjadi 16.333 KL per hari. "Pada puncaknya pada H-5 Idul Fitri kami perkirakaan konsumsinya mencapai 17.388 KL per hari, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya pemudik menggunakan pesawat udara selalu melakukan perjalanan mendekati Lebaran," ujar Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito dalam keterangan tertulis di Jakarta,  Jumat (25/5/2018).

Untuk menjaga stok avtur, jelas Adiatma sejak H-30 Pertamina menambah frekuensi suplai tanker ke Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) maupun Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM). Pertamina juga memastikan kesiapan dan kehandalan sarana dan fasilitas di DPPU, memastikan kesiapan RAE Supply (Regular, Alternative & Emergency) dimana seluruh Region melakukan simulasi RAE di wilayah masing-masing, khususnya untuk DPPU utama yang menjadi jalur mudik. Baik di wilayah Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Adiatma menambahkan untuk wilayah Jakarta, Bandara Soekarno Hatta dan Halim Perdana Kusuma diperkiraaan mengalami peningkatan besar, karena menjadi konsentrasi pemudik dari Jakarta ke berbagai daerah lainnya.kbc11

Bagikan artikel ini: