Aiola Food Caravan perkuat bisnis kuliner di Graha Festival Surabaya Barat

Sabtu, 26 Mei 2018 | 22:52 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Bisnis kuliner di Tanah Air kini tengah booming. Bukan saja karena daya beli khususnya masyarakat menengah yang menggeliat, bisnis ini juga berkaitan dengangaya hidup dan perkembangan sosial media.

Sadar akan hal ini, PT Intiland Development Tbk terus mengembangkan kawasan bisnis food & beverage (F&B) di Graha Festival Surabaya, tepatnya di Graha Fairground Surabaya dengan konsep outdoor.

Direktur PT Intiland Grande, Harto Laksono mengatakan, saat ini okupansi Graha Festival sudah mencapai 70 persen. Selain dikembangkan sendiri untuk bangunan komersial berupa apartemen, office, dan hotel, sebagian lahannya disewakan untuk bisnis food & baverage (F&B).

“Sekarang okupansi sudah 70 persen. Lahan yang kami sewakan hanya untuk food saja. Yang lain kami gunakan  untuk event outdoor,” kata Harto baru-baru ini.

Dia mengklaim, saat ini sudah banyak yang mengembangkan dengan bangunan semi permanen. “Sebentar lagi ada beberapa tenant baru yang mau masuk. Sekarang masih nego. Kami belum bisa sebutkan brand-nya . Yang jelas ada dua coffee shop,” ujar Harto.  

General Manager Graha Festival, Amaynta Budhiadi mengatakan, beberapa lahan yang disewakan sebagian besar untuk bisnis F&B. sejumlah brand besar dari Jakarta dan Surabaya yang sudah masuk seperti Bon Café, Bakmi GM, Gourmet, Hokky, Holly Wings, Ranch Market.

Yang terbaru, pihaknya menggandeng Aiola Group di Graha Fairground dengan mengembangkan Ailoa Food Caravan. Areanya cukup besar yakni 9.000 meter persegi sehingga menjadi salah satu area bisnis kuliner outdoor terbesar di Surabaya.

Di kawasan itu, terdapat delapan karavan yang menyajikan menu makanan dan minuman. Founder Aiola Group, Irmadita Citrashanty mengungkapkan, lokasi baru di Graha Fairground tersebut merupakan pengembangan dari Aiola Eatery.

“Kami sudah pengalaman mengelola Aiola Eatery Surabaya dan Aiola Canteen Sidoarjo. Kami optimistis Aiola Caravan Food akan sukses. Kami berharap per hari bisa 1.500 transaksi,” kata Dita, sapaan akrabnya

Dikatakannya, meski sebagian besar tenant makanan dan minuman yang ada di Aiola Food Caravan di Graha Fairground tersebut sama dengan yang ada di dua lokasi sebelumnya, namun dia mengklaim jika hal itu untuk lebih memperluas market. "Kita memperluas pasar di kawasan Surabaya Barat," ujarnya.

Dari segi desain tempat, ia mengamini bahwa selama ini banyak anak muda yang menggunakan tempatnya untuk makan sambil berfoto. Ternyata aspek eatery yang instagramable juga dipakai, meski bukan aspek utama.

“Yang utama tetap rasa dan harga makanan. Kalau untuk pelanggan yang memburu foto, jika makanan tidak enak selesai foto mereka tidak akan kembali. Kalau sebaliknya tentu mereka akan tetap ingin kembali,” ungkap Dita yang menyebut ada 200 tempat duduk yang disediakan di Aiola Food Caravan.

Sebagai informasi, Aiola Food Caravan buka mulai pukul 11.00 sampai 23.00 WIB. Beberapa menu makanan yang ditawarkan, di antaranya adalah Mie Pitik, Nasi Goreng Jawa, Siomay-Batagor, Ayam Geprek, Nasi Cumi Madura, Bubur Ayam Mang Dudung, Es Campur, Many Pany Pancake, Nasi Uduk Rohmat, dan Rendang Pak Kumis. kbc7

Bagikan artikel ini: