BNI Wilayah Surabaya siapkan Rp1,3 triliun untuk penukaran uang baru

Jum'at, 01 Juni 2018 | 15:37 WIB ET

JOMBANG, kabarbisnis.com: Libur hari raya Idul Fitri atau Lebaran 2018 yang lebih panjang, membuat  PT Bank Negara Indonesia (BNI) Kantor Wilayah Surabaya, menyiapkan dana lebih untuk melayani kebutuhan masyarakat. Dana itu disiapkan untuk melayani penukaran uang baru bagi masyarakat dan dana yang disiapkan untuk mengisi Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BNI.

CEO BNI Kanwil Surabaya, Muhammad Jufri mengatakan, jika untuk ketersediaan uang tunai untuk memenuhi kebutuhan tukar uang baru masyarakat mencapai sekitar Rp 1,3 miliar. "Sedangkan untuk dana pengisian ATM di wilayah kami, kurang lebih Rp 950 miliar hingga Rp 1 triliun selama 9 Juni hingga 20 Juni mendatang," kata Jufri di sela kegiatan pelepasan 100 santri mudik gratis dalam program BNI Digimudik 2018 di Jombang, Kamis (31/5/2018).

Diakui Jufri, masa liburan hari raya yang lebih panjang, berpotensi untuk masyarakat melakukan transaksi dan peningkatan jumlah uang yang dibutuhkan. Pihaknya sudah memproyeksi berapa kebutuhan nasabah dimasa itu dan memastikan bila BNI siap memenuhi berapapun kebutuhan masyarakat.

"Kalaupun tambah kami sudah siap koordinasi dengan Bank Indonesia," tambah Jufri.

Sementara itu, terkait dengan program BNI Digimudik 2018, peserta mudik tanpa biaya dari BNI ini diperkenalkan dengan cara pendaftaran secara online. BNI menyiapkan pilihan moda transportasi beragam, mulai dari Bus Executive AC, Kereta Api Executive, hingga Pesawat. Program ini dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi terhadap loyalitas nasabah dan menjadi sarana bagi BNI untuk memaksimalkan program akuisisi dalam upaya meningkatkan Dana Pihak Ketiga (DPK).

"Aktivitas ini juga sekaligus menjadi bentuk kepedulian BNI untuk membantu pemerintah dalam mengatasi masalah transportasi," tambah Tambok Setyawati, Direktur Retail Banking BNI.

Sementara untuk para peserta adalah santri-santri dari beberapa pondok yang ada di Jombang. Antara lain dari Pondok Pesantren Darussalam, Pondok Pesantren Asrama Sulaiman Bilqis, Pondok Pesantren Tebu Ireng, Pondok Pesantren Asrama Ar Risalah Pondok Pesantren Al Aqoba, Pondok Pesantren Asrama Al Husna, Pondok Pesantren Asrama Hidayatul Quran. Sementara tujuan mudik bareng yaitu rute timur ke Bangil, Pasuruan, Probolinggo, Klakah, Jember, Genteng dan berakhir di Banyuwangi. Kemudian untuk rute Barat ke Madiun, Ngawi, Sragen, Solo, Salatiga, Ungaran, dan Semarang.

Pada kesempatan itu, seluruh santri serempak download aplikasi pembayaran BNI dengan sistem Scan QR Code “YAP!”, dimana Aplikasi YAP! pada Handphone Android / iOS, digunakan sebagai alat pembayaran untuk transaksi non-tunai (cashless) dan tanpa menunjukkan kartu debit/kredit nya (cardless).

Tidak seperti aplikasi pembayaran dengan smartphone lainnya, yang hanya mengandalkan uang elektronik sebagai sumber dananya, YAP! menjadi yang pertama dengan menggunakan 3 sumber dana, yaitu Kartu Debit, Kartu Kredit, dan Uang Elektronik BNI (UnikQu) sesuai pilihan pengguna saat bertransaksi. Dengan demikian, semua pengguna smartphone dapat dengan mudah menggunakan YAP! dengan sumber dana uang elektronik UnikQu.

Sedangkan pengguna yang sudah menjadi nasabah BNI dapat menambahkan semua kartu debit dan kartu kredit sebagai sumber dana. Selanjutnya seluruh santri bersama-sama melakukan experience bertransaksi menggunakan YAP! senilai Rp 1,- untuk voucher door prize yang terdiri dari mukenah, sarung, baju muslim dan sepeda gunung dan diundi pada akhir acara ini.

"Kami ingin mengajak masyarakat untuk menikmati budaya bertransaksi baru dengan YAP!, yang bukan hanya cashless, melainkan juga hilangnya ketergantungan terhadap kartu atau cardless. Jika transaksi pembayaran secara nontunai sudah semakin nyaman dengan YAP!, maka kami harapkan dapat mengubah kebiasaan orang dari bertransaksi dengan uang tunai menjadi non tunai melalui smartphone, sesuai dengan Gerakan Nasional Non Tunai Bank Indonesia," ungkapnya.

Seluruh santri juga melakukan download secara serempak aplikasi BNI experience, dimana dengan BNI experience, dengan cepat dan mudah nasabah mendapatkan informasi promo BNI sesuai dengan lokasi saat ini, selain itu informasi lokasi BNI Outlet dan ATM juga dapat dengan mudah diketahui menggunakan aplikasi BNI experience.

Dalam kegiatan itu, hadir pula Plt Bupati Jombang Setiajit dan Pemimpin Cabang BNI Jombang Arifin Yusuf. kbc10

Bagikan artikel ini: