Jamin lebih nyaman, Kemenhub imbau pemudik pilih naik bus

Senin, 04 Juni 2018 | 07:32 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Perhubungan meminta masyarakat tidak khawatir menggunakan moda transportasi bus, untuk mudik ke kampung halaman. Sebab, saat ini kualitas bus sudah semakin baik.

Direktur Lalulintas Kementerian Perhubungan Pandu Yunianto mengatakan, saat ini kondisi bus antara kota yang digunakan mudik sudah baik, bahkan sudah memiliki kelas premium.

"Masyarakat tidak perlu lagi khawatir pakai bus, bus sekarang cukup bagus sudah ada kelas premium," kata Pandu, dalam sebuah diskusi di kawasan Cikini, Jakarta, akhir pekan lalu.

Menurut Pandu, selain kondisi bus yang sudah baik, infrastruktur jalan khususnya tol juga saat ini sudah mendukung kenyamanan. "Ditambah pelayanan jalan tol kenyamanan bisa dijamin," ujarnya.

Pandu berharap masyarakat tak pilih-pilih Perusahaan Otobus (PO) tertentu sebagai moda mudik. Hal ini untuk menghindari penumpukan penumpang di terminal karena menunggu kedatangan bus dari PO tertentu. "Pilih saja yang sudah sertfikasi," tuturnya.

Terkait harga tiket, pemerintah telah menerapkan pemberlakuan tarif batas atas dan bawah untuk kelas ekonomi. Sedangkan, kelas non ekonomi mengikuti mekanisme pasar tetapi harus menunjukan besaran tarif di tempat penjualan tiket agar diketahui batas kewajaranya.

"Harga angkutan umum tarif batas atas bawah berlaku untuk kelas ekonomi, kalau kelas non ekonomi pakai mekanisme pasar," tandasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: