Antisipasi lonjakan trafik saat lebaran, Smartfren pacu keandalan jaringan

Selasa, 05 Juni 2018 | 12:54 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Operator seluler Smartfren telah melakukan berbagai langkah  antisipatif atas lonjakan trafik penggunaan data selama lebaran 2018. Selain mempersiapkan tim tanggap darurat, Smartfren juga telah melakukan penambaham BTS dan optimasi jaringan.

“Saat lebaran, selalu terjadi lonjakan penggunaan data. Untuk itu pada tahun ini kami melakukan penambahan kapasitas secara nasional sebesar 25 persen,” ungkap Regional Network Operation & Maintenance East Java Smartfren Gede Dede W. Di Surabaya, Senin (4/6/2018).

Beberapa titik yang akan diprediksi mengalami peningkatan traffic jaringan di area Jatim adalah Tol Pandaan - Malang, Tol Suramadu, dan Pelabuhan Banyuwangi. Di samping itu, kota kota wisata juga diperkirakan mengalami lonjakan trafik jaringan. Seperti Malang, Batu, Madura, Jember, Lamongan.

"Kalau berkaca dari tahun lalu, lonjakan data yang tinggi ada di Madiun, Jember, serta Madura. Peningkatan volume trafik mencapai sekitar 20 persen. Tetapi dengan jumlah BTS yang tidak seperti sekarang ," tambahnya.

Untuk menghadapi kondisi tersebut, Smartfren telah melakukan penambahan jumlah BTS di area Jatim, Bali, dan Lombok. Jumlah BTS yang sudah dibangun mencapai 2.400 BTS per hari ini di wilayah tersebut. Penambahan tersebut diprioritaskan di jalur mudik.

“Saat ini BTS kami sudah bisa mengcover 70 persen, mulai dari Jawa, Kalimantan, Bali dan Nusatenggara,” tegasnya.

Khusus wilayah Surabaya dan Malang, pihaknya melakukan strategi densifikasi yang artinya menambahkan BTS - BTS dalam jarak yang lebih dekat. "Dalam densifikasi ini, kami menggunakan teknologi TDD untuk meningkatkan kapasitas data sampai 25 persen," ujar Gede.

Selain itu, juga  mempersiapkan tim tanggap darurat 7 hari menjelang dan 7 hari setelah Idul Fitri. Tim tersebut bertujuan untuk antisipasi apabila terjadi gangguan sinyal baik di sepanjang jalur mudik, jalur wisata, bandara, maupun pusat keramaian. "Selain itu, Smartfren juga terus melakukan pemantauan melalui network operation centre yang berada di Jakarta dan Surabaya,,” katanya.

Selain mempersiapkan jaringan, Smartfren juga menghadirkan produk baru. Yaitu potongan harga paket internet unlimited 24 jam dari sebelumnya Rp 149 ribu menjadi Rp 60 ribu selama sebulan penuh.

Regional Cluster Support North East Java Imam Bukori menambahkan, untuk memberikan kemudahan bagi para pelanggan bersilahturahmi di hari Lebaran, pihaknya menghadirkan beragam paket internet yang dinamakan super 4G unlimited. kbc6

Bagikan artikel ini: