Ini yang dilakukan Tri antisipasi lonjakan trafik pada momen Lebaran 2018

Rabu, 06 Juni 2018 | 06:20 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Hutchison 3 Indonesia memperkirakan akan terjadi lonjakan trafik saat momen lebaran Idul Fitri 2018, khususnya pada layanan data. Untuk itu, penyedia layanan telekomunikasi di bawah merek “3” ini telah melakukan antisipasi dengan melakukan berbagai langkah strategis.

Division Operation Head PT Hutchison 3 Indonesia Zona Jawa Tengah, Jawa Timur dan Batam, Benny Sulakso mengatakan bahwa beberapa langkah antisipatif tersebut diantaranya adalah pengaturan kapasitas dan peningkatan kualitas dengan  transformasi core network system yang tersebar di 19 kota. Melalui upaya ini maka pengaturan trafik komunikasi data Tri bisa terpusat

“Dengan diberlakukannya sistem ini akan memudahkan bagi kami untuk meningkatkan pengalaman dalam menggunakan layanan internet Tri, memperluas kapasitas serta menyeimbangkan kapasitas jaringan dengan lancer. Sehingga saat ini pengguna Tri dapat mengakses mobule game, instagram, facebook, aplikasi instant messaging aplikasi dengan lebih cepat,” ujat  Benny di Surabaya, Selasa (5/6/2018).

Selain itu, Tri juga melakukan penambahan kapasitas jaringan di 5.300 BTS yang terdiri dari 2.500 unit BTS 4G LTE dan 2.800 unit BTS 3G dengan memanfaatkan kanal baru di spektrum 2100 Mhz. Sementara total BTS yang dimiliki sekitar 55.000 unit, termasuk 15.000 diantaranya adalah BTS 4G LTE.

“Jaringan yang sudah ada juga akan kami optimalkan, khususnya di sepanjang 2.600 kilometer jalur mudik Jakarta-Surabaya, Jakarta-Merak, Jakarta-Bandung, Bandung-Jogjakarta serta  Jalur Pantura dan Selatan,” tambahnya.

Peningkatan kapasitas juga dilakukan dengan penempatan mobile BTS di Jawa dan Sumatra yang disebar di jalan-jalan utama dan jalan tol. “Fokus optimasi layanan juga dilakukan di Points of Interest, di pelabuhan laut, udara, terminal bus, stasiun kereta api, rest area dan daerah-daerah wisata serta pusat keramaian,” terangnya.

Khusus pada saat Ramadhan, Tri juga menggear berbagai program untuk penggunanya, diantaranya Program Berbagi Berkah. Melalui program ini, Tri ingin mengajak generasi millennial untuk membeli paket internet yang dirancang khusus dengan menggabungkan gaya hidup digital Islami dengan keutamaan bersedekah. “Ini adalah semangat persatuan dan kepedulian sosial yang ingin dibangun oleh Tri,” ujar DGM Public Relations & Media PT Hutchison 3 Indonesia, Arum K. Prasodjo.kbc6

Bagikan artikel ini: