Empat Divre BULOG ini jadi prioritas penjualan beras sachet

Rabu, 06 Juni 2018 | 21:43 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Perum BULOG berencana menjual beras sachet ukuran 250 gram dan 200 gram diprioritaskan paling lambat di bulan Agustus 2018 mendatang. Masyarakat dapat membelinya dengan harga mulai Rp 2.500 per sachet.

Direktur Bisnis dan Pengembangan Investasi BULOG Imam Subowo menuturkan  penjualan beras sachet akan diprioritaskan di empat divre yakni Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta dan Tangerang, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Beras sachet akan dijajakan dalam dua kemasan yakni 250 kilogram (kg) dan 200 kg.

Menurut Imam, beras sachet ini berasal dari pengadaan komersial BULOG. Bukan hanya jenis beras premium yang dikemas dalam ukuran sachet. Dia menjamin harga beras premium sachet yang dijajakan  lebih murah dari beras premium yang lazim ditemui di ritel modern dengan ketentuan Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 12.800 per kilogram.

Namun, Konsumen juga dapat memilih beras medium yang lebih ekonomis. Jika mengacu HET beras medium Rp 9.450 per kg. "Beras sachet ukuran 250 gram cukup untuk mengisi tiga piring," terang Imam di Jakarta, Rabu (6/6/2018).

Imam mengatakan, beras sachet akan dijajakan baik warung juga toko ritel modern serta Rumah Pangan Kita Beras sachet diproduksi dimasing masing divre. Sementara dari Jakarta cukup mengirimkan kemasannya ke masing masing divre.

Ke depan, konsep penjajakan beras sachet disesusaikan dengan preferensi konsumsi lokal. Imam mencontohkan masyarakat di Sumatera Barat yang condong mengkonsumsi beras pera,maka BULOG akan menyediakannya.

Kesempatan sama, Direktur Komersial Perum Bulog Tri Wahyudi Saleh mengatakan, sebenarnya Jawa Barat sudah siap menjual beras sachet 200 gram. Prosesnya telah sampai di tahap pengemasan atau packaging.

"Sebenarnya Jabar sudah siap sih, Bulog Indramayu sudah ready, Cirebon," ujar Tri Wahyudi seraya menambahkan beras yang disiapkan antara 50 hingga 100 ton.kbc11

Bagikan artikel ini: