Laris manis, inden pesawat N219 produksi PTDI tembus 109 unit

Kamis, 07 Juni 2018 | 23:34 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Dirgantara Indonesia (PTDI) mengklaim banyak pihak yang berminat memesan pesawat N219 Nurtanio. Sampai sekarang orderan pesawat dengan sertifikasi DGCA Republik Indonesia itu sudah mencapai 109 pesawat.

Direktur Utama Dirgantara Indonesia Elfien Goentoro mengatakan, sekarang pihaknya tengah menyelesaikan pembuatan pesawat N219. Pasalnya, sudah cukup banyak pesanan yang masuk.

"Ada 109 pesawat sudah LoI (Letter of Intent) dan private agreement," tuturnya, di Kemenko Maritim, Gedung BPPT, Jakarta, Rabu (6/6/2018).

Menurut Elfien, pengiriman pesawat N219 akan dilakukan mulai tahun depan. Adapun negara yang meminati pesawat ini antara lain Uni Eropa, Meksiko, Kolombia, dan Uni Emirat Arab.

"Mudah-mudah tahun depan deliver empat sampai enam baik. Kalau domestik yang minat seperti Trigana, ada Pelita Air Service, Pemda Kaltara, Papua dan beberapa banyak," tuturnya.

Elfie mengaku, saat ini pihaknya tengah melakukan peningkatan kerjasama dengan Airbus. Hal tersebut untuk menambah sertifikat pesawat yang sekarang masih DGCA Republik Indonesia.

"Nah, ke depannya tentunya karena Indonesia-Uni Eropa dengan DGCA dan Kemenhub sedang melakukan bilateral agreement untu EASA, kalau ada kesepakatan itu ke depan 219 bisa dapat sertifikat EASA juga," tuturnya. kbc10

Bagikan artikel ini: