Adem hati sambil selfi di jajaran masjid ini

Jum'at, 08 Juni 2018 | 15:25 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Jawa Timur tak hanya dikenal kaya destinasi alam dan budaya. Di provinsi, wisata religi tak kalah memikat hati. Termasuk masjid-masjid keren yang asyik buat dikunjungi.

Di Jawa Timur, potensi wisata religi bukan hanya deretan makam para wali penyebar agama Islam di Tanah Jawa. Ada pula masjid-masjid yang, selain bikin adem hati, layak banget jadi tujuan pelesir Anda. Yuk kita lihat daftarnya.

Masjid Al-Akbar yang Mega

Masjid Al-Akbar di Surabaya adalah masjid terbesar di Jawa Timur. Kubahnya dilapisi dengan pola turquoise dan hijau yang spesial. Tampak menonjol pada siang hari. Pengunjung bahkan bisa naik lift sampai ke menara tunggal, lalu menyaksikan pemandangan jantung Surabaya, kota tersibuk kedua di Indonesia setelah Jakarta. 

Interior masjid dihiasi langit-langit super tinggi. Mihrab-nya bertabur kaligrafi Al-Quran berwarna emas. Saat Ramadhan, suasana masjid makin semarak karena di sekitarnya kerap digelar pasar rakyat yang menjual berbagai kebutuhan masyarakat.

Masjid Muhammad Cheng Hoo yang Kaya Cerita

Ini adalah masjid dengan perpaduan budaya yang unik, yaitu arsitektur China dan Islam. Masjid ini dibangun komunitas Tionghoa yang beragama Islam untuk menghormati jasa Laksamana Haji Muhammad Cheng Hoo, salah seorang panglima dari China yang gemar berdakwah.

Arsitekturnya menyerupai kuil China, dengan atap berjenjang tradisional. Ubinnya hijau cerah berbatasan dengan dinding merah dan kuning serta dinding bata merah. Memukau dan Instagramable!

Masjid Tertua di Ampel 

Masjid Ampel termasuk salah satu masjid tertua di Indonesia. Masjid ini dibangun pada tahun 1421 oleh Sunan Ampel. Wali penyebar Islam itu wafat pada 1481. Makamnya terletak di sebelah barat masjid ini, dan sampai sekarang tiap hari diziarahi ribuan orang dari seluruh penjuru negeri.

Masjid Ampel berdiri tegak dengan pilar putih besar. Kompleks makamnya terdiri atas halaman dan gerbang. Di sekitar lokasi, bertebaran para penjual suvenir dan makanan Timur Tengah yang bakal membawa suasana khas Arab ke hadapan Anda.

Masjid Futuristik di Jember

Masjid Roudhotul Muchlisin di Jember ini cukup menyiya perhatian publik sejak diresmikan 2017 lalu. Bangunannya tampak lain dibanding masjid di Kota Tembakau tersebut. Bangunan masjid ini begitu megah dan futuristik. Dindingnya didominasi warna kuning dan jingga. Pilarnya dihiasi ornamen nan megah layaknya bangunan istana.

Ada pula air mancur berhiaskan lampu warna-warni di bagian pintu masuk. Saat malam hari, suasana masjid makin terasa indah. Walhasil, banyak wisatawan yang asyik berfoto ria di kompleks masjid seluas 2.000 meter persegi ini.

Masjid Namira yang Bikin Heboh

Masjid Namira terletak di Jalan Raya Mantup Lamongan km.5 atau tepatnya di Desa Jotosanur, Kecamatan Tikung, Lamongan, Jawa Timur. Masjid ini sempat bikin heboh di media sosial. Banyak netizen membincangkan masjid itu, sehingga menarik perhatian orang untuk berkunjung.

Rupanya publik kagum dengan keindahan dan keasrian Masjid Namira. Masjid ini mirip dengan masjid-masjid yang ada di Arab Saudi. Nah, di Lamongan juga ada Indonesian Islamic Art Museum yang mengisahkan kebesaran Islam dan penyebarannya ke berbagai dunia. Lokasinya ada di Wisata Bahari Lamongan (WBL). kbc3

Bagikan artikel ini: