Pelindo III tambah kuota “Mudik Gratis” tahun ini jadi 17.000 orang

Senin, 11 Juni 2018 | 16:29 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Pelabuhan Indonesia III atau Pelindo III akhirnya memutuskan untuk menambah kursi atau kuota dalam program”Mudik Gratis” pada tahun ini. Jika sebelumya Pelindo III hanya menyediakan sebanyak 14.000 pemudik, maka sekarang menjadi 17.000 pemudik yang bakal diberangkatkan secara gratis ke berbagai tujuan.

VP Corporate Comunication PT Pelindo III Lia Indi Agustiana mengatakan bahwa keputusan untuk menambah kuota tersebut dengan melihat besarnya animo masyarakat yang ingin mengikuti program Mudik Gratis tersebut.

Data Pelindo III menyebutkan, hingga Minggu (10/6/2018) sore,jumlah pemudik  yang telah diberangkatkan sudah mencapai 12.363 pemudik atau sekitar 88,31 persen dari target 14.000 pemudik. Dengan perincian, Bus melalui Semarang sebanyak 3.670 pemudik, Bus melalui Surabaya   6.993 pemudik, Kapal dari Kumai sebanyak 850 pemudik, Kapal dari Sampit sebanyak 850 pemudik.

“Kemarin sudah mencapai 12.363 pemudik yang telah diberangkatkan. Dan hari ini sudah mencapai 95 persen. Karena animonya cukup besar,kami perkirakan hingga besok pemudik yang mampu kita berangkatkan secara gratis mencapai 17.000 pemudik,” ujar Lia Indi saat kegiatan seremoni  Mudik Gratis Pelindo III di Gapura Surya Nusantara (GSN), Senin ( 11/6/2018).

Dengan adanya penambahan kuota tersebut, maka jumlah bus yang disediakan juga ikut bertambah. Jika sebelumnya bus yang disediakan sekitar 260 unit bus, dengan perincian 150 bus dari Surabaya dan 110 bus dari Semarang, maka ditambah lagi sekitar 60 bus. Dengan perincian 40 bus dari Surabaya dan 20 bus dari Semarang, sehingga total bus yang disediakan mencapai 320 bus.

Sementara itu, CEO Pelindo III Ari Askhara menuturkan bahwa program mudik gratis ini merupakan representasi kepedulian negara dalam memberikan rasa nyaman dan kemudahan dalam pelaksanaan mudik.

 

Sebagai BUMN kepelabuhanan, Pelindo III berusaha hadir untuk memberikan layanan lebih kepada pemudik.  Karena peminatnya sangat banyak, ia berharap tahun depan jumlah pemudik yang bakal diberangatkan secara gratis akan bertambah dua kali lipatnya dari yang ditargetkan saat ini.

“Harapan saya pribadi tahun depan Pelindo III bisa memberangkatkan 25.000 pemudik secara gratis ke berbagai tujuan. Selain itu, tadi saya juga dapat masukan dari ibu-ibu kalau sosialisai dan daftarnya hendaknya juga dilakukan lewat online, misal lewat media social twitter atau instagram dan facebook. Ini masukan sangat baik karena kami merasa sosialisasi yang kami lakukan kemarin memang masih kurang,” pungkasnya.kbc6

Bagikan artikel ini: