Kemenhub minta pemudik gratis rajin selfie selama perjalanan, untuk apa?

Senin, 11 Juni 2018 | 21:38 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus mengajak masyarakat untuk beralih menggunakan angkutan umum pada saat mudik Lebaran 2018. Salah satu bentuk promosinya yakni dengan meminta para peserta mudik bus gratis untuk melakukan swafoto atau selfie.

Itu dimaksudkan agar penggunaan kendaraan pribadi seperti motor yang kerap dipakai oleh satu keluarga bisa tertarik menggunakan angkutan umum.

Sekretaris Jenderal Kemenhub, Djoko Sasono menjelaskan, jumlah masyarakat yang sudah beranjak menggunakan transportasi umum untuk mudik Lebaran pada tahun ini meningkat sekitar 50 persen dibanding 2017.

"Mudik kali ini mengalami peningkatan (pemudik dengan angkutan umum) yang luar biasa, hampir 50 persen. Dari yang tadinya 166 ribu pada 2017 sekarang jadi sekitar 247 ribu," urai dia di Monas, Jakarta, Minggu (10/6/2018).

Djoko mengapresiasi keputusan banyak warga yang memutuskan untuk meninggalkan penggunaan sepeda motor. "Berarti kesadaran masyarakat sudah meningkat. Ini merupakan langkah untuk menyelamatkan generasi yang akan datang," ungkapnya.

Dengan meningkatnya antusiasme pemudik yang hendak pulang kampung dengan angkutan umum, dia membuka kemungkinan untuk memperbanyak kuota mudik gratis pada saat mudik Lebaran tahun berikutnya.

"Insya Allah tahun depan jumlah mudik gratis bisa meningkat lagi. Jangan lupa, buat selfie yang banyak saat berada di dalam bus," tukas dia seraya berpromosi. kbc10

Bagikan artikel ini: