TAM beri sinyal Avanza baru meluncur usai Pilpres 2019

Selasa, 12 Juni 2018 | 12:12 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Meski banyak pihak menunggu kehadiran model Toyota Avanza baru, namun Toyota Astra Motor (TAM) tampaknya punya pertimbangan tersendiri kapan model andalan di segmen low multipurpose vehicle (LMPV) ini bakal meluncur.

Executive General Manager Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjorpranoto memberi sinyal jika jadwal kelahiran generasi baru Avanza menunggu pasar kondusif setelah Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden Indonesia.

Soerjorpranoto mengungkap berbagai poin dari riset pasar yang sudah dilakukan atas Avanza. Dia mengatakan ada kebosanan atas desain Avanza sekarang, butuh pembaruan tapi tidak mengganti sistem gerak roda belakang, siklus hidup model semakin cepat, dan menanti potensi pasar otomotif naik.

Dijelaskan Soerjorpranoto, dinilai dari kondisi perekonomian seperti saat ini, konsumen cenderung memilih menahan membelanjakan uang bila produk baru tidak punya “sesuatu” yang baru atau lain. Toyota sedang mengusahakan “sesuatu” itu ada pada desain baru Avanza.

“Apalagi ditambah sekarang tahun politik, orang-orang kan masih menunggu, wait and see, nanti setelah pemilihan presiden rasanya sih pasar akan naik. Nah, di situ poinnya. Jadi seharusnya sudah bisa menebak kapan kira-kira Avanza baru (meluncur),” kata Soerjorpranoto, di Jakarta, Senin (4/6/2018).

Asal tahu saja, jadwal kampanye Pemilu Presiden dilakukan pada September 2018 hingga April 2019. Pada 8 April 2019 – 15 Juni 2019 adalah masa pemungutan dan penghitungan suara sampai sengketa perkara pemilu.

Soerjorpranoto mengakui kondisi saat ini, selama menunggu desain baru Avanza, sebagian konsumen loyalis pindah ke Rush. Namun menurut dia konsumen itu bakal balik lagi ke Avanza bila generasi barunya datang. kbc10

Bagikan artikel ini: