Mau pesan tiket untuk arus balik? Tenang, masih tersisa 60 persen

Rabu, 13 Juni 2018 | 13:22 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Tiket kereta api untuk arus mudik memang sudah ludes terjual. Namun, untuk arah sebaliknya atau arus balik tiket masih tersedia cukup banyak.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI), Edi Sukmoro menyebutkan untuk tujuan Jakarta tiket masih tersedia sekitar 60 persen lagi karena baru 40 persen kursi yang terjual. Ini karena arus mudik banyak masyarakat yang tinggalkan Jakarta. Namun, lanjutnya, kondisi tersebut akan berbalik saat memasuki arus balik.

"Kereta itu sekarang yang paling ramai yang menuju timur, yang dari timur ke Jakarta itu slow, kosong. Sekarang mungkin (yang ke arah Jakarta) baru sekitar 40 persen, tapi nanti kalau sudah musim arus balik, arusnya berbalik," kata Edi, di Stasiun Gambir, Selasa (12/6/2018).

Secara keseluruhan Edi mengungkapkan kenaikan penumpang arus mudik meningkat 3,5 persen dibanding tahun lalu. Edi mengungkapkan, di hari biasa Stasiun Pasar Senen memberangkatkan sekitar 12 ribu penumpang, namun saat puncak mudik ini bisa sampai 25 ribu penumpang.

Begitu juga dengan Stasiun Gambir yang biasanya per hari hanya memberangkatkan 8.000 penumpang kini bisa sampai 20 ribu penumpang per hari. "Ini arusnya masih tinggi sampai hari H," ujar dia.

Edi menyebutkan kepadatan penumpang diprediksi terjadi hingga arus balik H+10 atau 26 Juni. "H+10 yaitu 26 Juni, kita prediksi kita buka makanya posko kita ini sampai tanggal 26 Juni,” kata dia. kbc10

Bagikan artikel ini: