Jual tiket lampaui batas atas, izin maskapai terancam dicabut

Kamis, 14 Juni 2018 | 12:00 WIB ET

TANGERANG, kabarbisnis.com: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengancam akan mencabut izin rute maskapai penerbangan yang masih menjual tiket dengan tarif melampaui batas atas. Momen peak season seperti Lebaran dikhawatirkan menjadi kesempatan maskapai untuk menaikkan harga tiket tinggi, karena permintaannya yang meningkat.

"Kita akan berikan sanksi untuk maskapai yang kenaikan harga di atas batas atas. Sanksi pencabutan izin rute dan yang akan melayani adalah maskapai lain karena biasanya slot yang dipakai mau digantikan maskapai lain," tegas Dirjen Perhubungan Udara, Agus Santoso di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (13/6/2018).

Agus juga mengatakan, tidak ada alasan maskapai untuk menjual tiket di atas batas atas, seperti agen. Pasalnya, pemerintah telah meminta seluruh maskapai untuk berhubungan langsung dengan agen agar dapat terkontrol.

"Jadi memang dalam regulasi peraturan menteri sudah diedarkan bahwa seluruh maskapai penerbangan dan agen untuk berkomunikasi. Jadi nanti kalau ada agen yang nakal, yang kita pegang adalah maskapainya," ujarnya.

Hal tersebut, kata Agus, untuk lebih mudah mengontrol agen yang menjual tiket pesawat agar dengan harga tinggi dan tidak merugikan masyarakat.

"Itu suatu mekanisme dari pemerintah terhadap harga (tiket pesawat) agar terkontrol dan tidak memberatkan masyarakat, serta bisa terlayani mudik dengan mudah," tanda Agus. kbc10

Bagikan artikel ini: