Musim mudik, Perhutani Jatim bangun 8 posko Lebaran di kawasan hutan

Minggu, 17 Juni 2018 | 17:28 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Perum Perhutani Divisi Regional (Divre) Jawa Timur turut andil dalam membantu para pemudik yang melewati kawasan hutan di Jawa Timur. Perhutani pun mendirikan 8 posko mudik lebaran 2018 di beberapa titik di Jawa Timur.

Kepala Divisi Regioanl Perum Perhutani Jawa Timur Sangudi Muhammad mengatakan pembangunan 8 posko mudik lebaran itu sudah dibangun sejak H-7 dan akan beroperasi hingga H+7 Lebaran.

Adapun delapan posko lebaran itu terletak di wilayah hutan KPH Tuban, Ngawi, Lawu DS, Saradan, Pasuruan, Bondowoso, Banyuwangi Barat dan Probolinggo.

“8 posko yang tersebar di beberapa titik di Jawa Timur itu berada di tepi jalan dan di pinggir hutan. Posko itu buka 24 jam nonstop,” kata Sangudi kepada wartawan, Sabtu, (16/6/2018).

Menurut Sangudi, 8 posko mudik lebaran itu dijaga oleh petugas yang piket bersama warga Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Posko-posko ini menyediakan tempat sholat, tempat istirahat, minuman buka puasa, dan toilet bersih. 

“Apalagi, lokasi posko-posko ini berada di pemandangan yang hijau dengan dedaunan Hutan Jati dan Hutan Rimba, sehingga sangat nyaman untuk istirahat sambil melepaskan penat akibat lelah perjalanan,” katanya.

Sangudi menjelaskan bahwa posko mudik ini merupakan wujud nyata kepedulian Perhutani kepada sesama, terutama kepada masyarakat Jawa Timur yang melakukan mudik lebaran.

Ia juga memastikan bahwa posko-posko ini sangat aman dan nyaman untuk dijadikan tempat peristirahatan para pemudik selama berada di perjalanan mudik.

Posko-posko ini, lanjut dia, untuk membuktikan kepeduliannya kepada sesama umat manusia yang membutuhkan tempat istirahat dan beribadah.

“Kami inventarisir bahwa sepanjang jalan besar di Jawa Timur pasti melewati kawasan hutan, sehingga posko ini sangat cocok. Monggo kami persilahkan mampir,” ujarnya.

Sangudi menambahkan, posko semacam ini sudah lama dan sudah rutin dilakukan oleh perhutani setiap tahunnya. Bahkan, ia mengaku sudah menjadi agenda rutin yang selalu diperbaiki setiap tahunnya. 

“Kami akan terus kembangkan ke depannya,” pungkasnya. kbc2

Bagikan artikel ini: