Event Lebaran Gorontalo Masuk Rekor MURI

Sabtu, 23 Juni 2018 | 16:56 WIB ET
Menteri Pariwisata Arief Yahya
Menteri Pariwisata Arief Yahya

GORONTALO, kabarbisnis.com: Event perayaan Lebaran 2018 yang digulirkan Pemerintah Provinsi Gorontalo diganjar Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekor tersebut adalah  penyedia ketupat terbanyak dalam perayaan Lebaran. 

“Event perayaan Lebaran di Provinsi Gorontalo layak mendapatkan apresiasi dari MURI. Sebab, event ini sangat unik dengan menarik,” kata Manajer MURI Triyono, Jumat (22/6). 

Atraksi perayaan Lebaran ini jadi daya tarik luar biasa. Berlokasi di Kelurahan Yosonegoro, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, kegiatan ini dihadiri puluhan ribu pengunjung. Mereka terlihat sangat antusias mengikuti rangkaian acara yang digelar sejak pagi. Demi memastikan jumlah penyajian ketupat terbanyak, tepat pukul 06.00 WITA proses penghitungan dilakukan oleh Tim MURI. 

MURI melakukan penghitungan secara detail. Ketupat-ketupat yang masih ada di dalam wadah diminta keluarkan lalu dihitung. Setelah beberapa jam, didapatkan jumlah ketupat 34.331 ketupat yang disediakan. 

Triono menambahkan, penghargaan MURI diberikan lantaran jumlah ketupat yang disajikan sangat besar. 

“Pencatatan rekor penyajian ketupat terbanyak pernah dilakukan MURI di Jakarta. Tapi, rekor tersebut sudah dipecahkan oleh Gorontalo dengan jumlah penyajian ketupat yang lebih besar. Data yang kami peroleh sangat valid. Sebab, kami melakukan verifikasi secara detail,” lanjut Triono lagi. 

Setelah diverifikasi, jumlah ketupatnya surplus 4.331 dari rekor sebelumnya. Rekor pada 2012 dipegang Pemerintah Kota Jakarta Barat dengan jumlah penyajian 30.000 ketupat. Piagam MURI pun diberikan. Yaitu sekitar pukul 10.00 WITA. Piagam ini diterima Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim. Ikut mendampingi juga Gubernur Gorontalo Rusli Habibie. 

“Pada hari Jumat ini (22/6), kami mencatat kegiatan ini sebagai rekor MURI. Mereka layak menerimanya karena telah membuat capaian prestasi yang luar biasa besar,” terang Triono. 

Capaian prestasi MURI Pemerintah Provinsi Gorontalo ini semakin spesial. Diajukan sebagai rekor nasional, MURI justru mencatatnya sebagai rekor dunia. Otomatis piagam penghargaan yang diberikan MURI pun berlabel rekor dunia. 

“Mereka layak mendapatkannya sebagai rekor dunia. Semua syaratnya sudah terpenuhi. Jadi kami tegaskan, piagam yang diserahkan itu rekor dunia,” tuturnya lagi. 

Meski mendapatkan status rekor dunia, skenario penyajian ketupat Lebaran 2018 sedikit meleset. Sebab, target awal yang dibidik berjumlah 40.400 buah ketupat. Namun, jumlah 34.331 ketupat sudah cukup menorehkan rekor baru. 

Asisten Deputi Pemasaran I Regional II Kemenpar Sumarni menerangkan, saat ini motivasi besar dimiliki Gorontalo untuk terus memajukan sektor pariwisata. 

“Motivasi Gorontalo memajukan sektor pariwisata ini sangat besar. Event-event seperti ini sangat bagus utuk branding, apalagi ditegaskan dengan rekor dunia oleh MURI. Mereka bisa mengulangi capaian hebat ini di masa mendatang. Kami optimistis, event ini akan menjadi daya tarik wisata yang ditunggu oleh publik,” tutur Sumarni. 

Menyediakan ketupat hingga puluhan ribu, Gorontalo pun melibatkan PKK di Kelurahan Yosonegoro dan Padengo. Ketupat yang tersedia dan sudah diverifikasi oleh MURI lalu didistribusikan melalui 40 stand makanan yang sudah disiapkan. Lalu, ketpat tersebut disantap bersama-sama dengan masyarakat dan para pengguna jalan lainnya. 

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan apresiasi tinggi atas capaian tersebut. 

“Tradisi Lebaran di Gorontalo ini memang luar biasa. Bukan hanya kegembiraan, tapi ada juga prestasi yang sangat membanggakan. Mendapatkan rekor dunia tentu pencapaian besar. Hal ini juga jadi daya tarik utama pariwisata di sana,” ungkap Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. 

Tradisi Lebaran ketupat di Gorontalo memang unik. Selain capaian rekor dunia yang diserahkan MURI, event ini membagikan kemeriahan. Ada lomba pacuan kuda, karapan sapi, hingga kuda gerobak. Dan, kemeriahan ini akan berlanjut hingga Minggu (24/6) di Lapangan Golf Yosonegoro, Limboto, Gorontalo. Menpar juga menegaskan, Gorontalo sebagai destinasi wisata menarik. 

“Atraksi yang ditawarkan oleh Gorontalo ini selalu luar biasa. Nature dan culture-nya sangat kuat. Lalu, aksesibilitas menuju ke sana juga sangat mudah dan nyaman. Wisatawan juga akan ditawari amenitas yang bagus. Yang jelas harga di sana sangat ramah. Ayo berlibut ke Gorontalo,” tutupnya. kbc2

Bagikan artikel ini: