Pakuwon City Surabaya jadi wilayah uji coba pasar elpiji 3 kg non subsidi

Rabu, 04 Juli 2018 | 12:12 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Pertamina Marketing Operation Region V Jatim Bali dan Nusa Tenggara terus melakukan edukasi pasar elpiji non subsidi. Sebagai pilihan produk, Pertamina juga telah melakukan uji pasar untuk produk elpiji Bright Gas kemasan 3 kilogram (kg).

Selain di Jakarta, uji pasar juga dilakukan di Surabaya, tepatnya di wilayah Pakuwon City Surabaya Timur. Langkah ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar minat masyarakat Surabaya untuk mengganti dan mengonsumsi elpiji non subsidi kemasan 3 kg.

“Yang perlu ditekankan bahwa ini adalah uji pasar dan tidak ada pengurangan suplai untuk elpiji melon kemasan 3 kg. Ini untuk kalangan mampu yang seharusnya tidak mengkonsumsi elpiji 3 kg subsidi. Karena untuk penghuni apartemen, membawa  elpiji Bright Gas kemasan 5,5 kg itu berat cocoknya ya yang kemasan 3 kg,” uhar General Manager PT Pertamina MOR V, Ibnu Chouldum di Surabaya, Rabu (3/7/2018).

Pemilihan Pakuwon City Surabaya Timur sebagai area uji coba produk ini didasari oleh besarnya konsumsi elpiji non subsidi di wilayah tersebut. Data Pertamina MOR menunjukkan, konsumsi elpiji non subsidi di wilayah Pakuwon City mencapai 20 tabung hingga 30 tabung per hari dengan kemasan 5,5 kg dan 12 kg. Sementara di Surabaya, total konsumsi untuk elpiji non subsidi mencapai 20 ton per hari.

“Tahap awal, di Surabaya kami sediakan sekitar 1.500 tabung. Sementara secara nasional ada sekitar 5.000 tabung, yang 3.500 dialokasikan untuk Jakarta,” tambahnya.

Evaluasi akan dilaksanakan dua hingga tiga bulan kedepan untuk melihat respon pasar, apakah produk ini diterima pasar dengan baik atau justru sebaliknya. Pasca uji respon pasar, akan ditentukan strategi pemasaran yang akan dilakukan.

Selama uji coba, refil Bright Gas 3 kg akan dijual dengan harga Rp 39 ribu per tabung di agen elpiji non subsidi di luar ongkos kirim dan seharga Rp 42 ribu do SPBU COCO. Sementara untuk tabung perdana akan dijual di agen dengan harga Rp 184 ribu per tabung dan Rp 187 ribu di SPBU COCO.

Pertamina juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan tukar tambah (trade in) tabung elpiji melon dengan Bright Gas kemasan 3 kg dengan membayar Rp 81.500 di agen elpiji dan Rp 84.500 di SPBU COCO.kbc6

Bagikan artikel ini: