MPMX rampungkan divestasi seluruh saham di bisnis pelumas ke ExxonMobil

Rabu, 04 Juli 2018 | 15:16 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) menuntaskan keberhasilannya menyelesaikan divestasi atas 100 persen  sahamnya di bisnis pelumas di anak usaha PT Federal Karyatama (FKT) kepada Esso Petroleum Company, Limited dan ExxonMobil UK Limited (ExxonMobil).

Transaksi ini bernilai 436 juta dolar AS dan penyelesaian transaksinya ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Akta Jual Beli Saham di Jakarta antara MPMX dan ExxonMobil pada 28 Juni 2018.

Penandatanganan dokumen ini dilakukan setelah dinyatakan memenuhi semua persyaratan untuk penyelesaian transaksi di kuartal kedua 2018, termasuk di dalamnya persetujuan BOD dan BOC Perseroan, persetujuan para pemegang saham yang diperoleh melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 6 Juni 2018.

Selain itu juga mengacu pada persetujuan dan pemberitahuan kepada semua instansi yang berwenang.

“Kami bersyukur dalam mengumumkan penyelesaian transaksi ini, dan menyambut ExxonMobil,

perusahaan minyak dan gas global, sebagai pemilik baru FKT," ungkap Rudy Halim, Grup CEO MPMX dalam keterangan tertulis, Selasa (3/7/2018).

FKT selama ini menjadi salah satu pemain kuat pelumas otomotif di Indonesia dengan brand Federal Oil dan Federal Mobil.

"Setelah 30 tahun berdiri, kami percaya bahwa FKT akan dapat meraih jenjang yang lebih tinggi melalui transaksi ini. Kami berharap ExxonMobil dan FKT akan berhasil dengan segala rencananya karena kami yakin transaksi ini akan membawa FKT untuk mencapai integrasi vertikal yang memicu pertumbuhan yang lebih tinggi, dan memberikan kemampuan baru kepada FKT untuk memasuki pasar-pasar baru," imbuh Rudy.

Rudy menambahkan, pasca transaksi, MPMX melalui anak-anak perusahaannya akan tetap menjadi mitra bisnis utama FKT, terutama dalam hal distribusi, penjualan dan pemasaran produk FKT di pasar-pasar utama tertentu dan menyediakan platform ekosistem terintegrasi (shared economics) dan value proposition yang unggul kepada FKT dan pelanggan. kbc10

Bagikan artikel ini: