Google restui developer intip isi Gmail penggunanya, buat apa?

Kamis, 05 Juli 2018 | 11:06 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Sebuah laporan mengarah pada kekhawatiran bahwa email pengguna bisa dibaca oleh developer aplikasi Gmail pihak ketiga. Laporan The Wall Street Journal mengungkap bahwa aplikasi pihak ketiga memiliki akses ke akun Gmail pengguna.

Dilansir Theinquirer, Rabu (4/7/2018), tidak hanya dapat mengakses akun Gmail, mereka juga bisa membaca email seseorang.

Meskipun pengguna bisa memberikan persetujuan agar data mereka dapat dilihat, tetapi tidak jelas apakah yang melihat email itu ialah manusia atau komputer.

Menurut pernyataan dari Googletron, yang diperoleh oleh The Verge, perusahaan ini baik-baik saja. Terdapat proses pemeriksaan untuk mendapatkan akses ke informasi pengguna semacam itu.

Akan tetapi, proses pemeriksaan mungkin tidak berarti dilakukan oleh manusia. Bisa jadi developer berhasil atau gagal dalam proses pemeriksaan itu.

Selama mereka memberikan peringatan bahwa email akan dimonitor dalam pengaturan izin, tidak ada bedanya antara analitik machine to machine (M2M) dan manusia.

Google berjanji untuk berhenti membaca email. Ini adalah janji yang dibuat oleh perusahaan setelah disadari bahwa perusahaan menggunakan data pelanggan untuk menargetkan iklan. kbc10

Bagikan artikel ini: