Trump warning RI terkait aturan khusus dagang, ini kata pengusaha

Jum'at, 06 Juli 2018 | 14:17 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memperingkatkan Indonesia untuk berhati-hati terkait hubungan dagang antar kedua negara.

Hal itu diungkapkan Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi di acara halalbihalal Apindo di Jakarta, Kamis (5/7/2018). Menurutnya, Trump sudah menyampaikan warning bagi Indonesia. Trump berencana mencabut perlakuan khusus terhadap Indonesia di bidang perdagangan.

"Trump sudah memberi kita warning. Kita bicara sama dia mengenai beberapa aturan mengenai special treatment tarif yang dia kasih ke kita mau dicabut, terutama tekstil," katanya.

Sementara itu Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) bidang Hubungan Internasional dan Investasi Shinta Widjaja Kamdani mengatakan Indonesia sudah melakukan upaya diplomasi terkait hal tersebut.

"Upaya diplomasi kesana sudah ada, baik pemerintah maupun asosiasi kan kita dipanggil kesana untuk hearing," katanya.

Dalam beberapa bulan ke depan, upaya diplomasi kedua negara akan terus dilakukan. "Sekarang prosesnya sudah sampai public hearing, nanti kita asosiasi, importir dari sana juga dipanggil, nanti ada panel pendukung dan panel oposisi. Dalam beberapa bulan ini lah," sebutnya

"Juli ini ada review kedua, (tanggal) 19 lah kalau nggak salah," sambungnya.

Namun dia menilai posisi Indonesia cukup baik dalam situasi tersebut. "Sebenarnya saya melihat posisi kita cukup baik ya, karena perang dagang AS-China, mereka nggak mungkin mampu untuk confront semua negara di semua lini. Jadi kita coba ngambil positifnya saja," tambahnya. kbc10

Bagikan artikel ini: