Genjot kunjungan wisatawan, pemerintah bakal beri insentif buat industri penerbangan

Rabu, 11 Juli 2018 | 09:48 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah mulai membahas rencana insentif yang akan diberikan kepada maskapai bertarif rendah atau Low Cost Carrier (LCC) untuk memacu arus wisatawan asing ke dalam negeri.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan rencana tersebut sudah mulai dibahas dengan Indonesia National Air Carriers Association (INACA).

"Kami sudah bahas dengan INACA tentang apa konsep yang akan kami lakukan berkaitan dengan LCC. LCC ini penting (untuk pariwisata)," ungkap Budi Karya di acara IDF 2018 di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (10/7/2018).

Insentif yang akan disiapkan antara lain memberikan izin untuk  operator penerbangan memperluas rute operasional penerbangan.

"Memperluas seluas-luasnya jaringan dan operasional di wilayah seluruh indonesia sehingga fleksibilas mereka ke mana-mana itu berjalan dengan baik," ucap Budi Karya.

Kedua, pemerintah akan bernegosiasi dengan PT Pertamina (Persero) untuk menurunkan biaya Avtur karena harganya lebih mahal 20 persen dari negara-negara lain.

"Kami akan bertemu dengan pertamina, bicara soal harga avtur yang 20 persen lebih mahal dari harga internasional," tutur Budi Karya.

Untuk tarif pesawat baik itu tarif atas maupun tarif bawah masih akan dilakukan perhitungan terlebih dulu. "Soal tarif lagi dibahas. Sebenarnya ada suatu perhitungan yang baku, cuma setelah kami hitung, dampaknya seperti apa, harus kami hitung," kata Budi Karya. kbc10

Bagikan artikel ini: