Jasa Marga sediakan 30% lahan rest area di jalan tol untuk UMKM

Kamis, 12 Juli 2018 | 07:37 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Jasa Marga menyatakan 30 persen tempat komersial area peristirahatan (rest area) di jalan tol baru, seperti Tol Palimanan-Kanci (Tol Palikanci) adalah untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani mengatakan langkah tersebut dilakukan untuk meningkatkan penghasilan para pengusaha kecil dan pemula di sekitar ruas jalan tol.

"Konsep 30 persen area komersial untuk UMKM hanya diberlakukan di ruas tol baru seperti di Palikanci. Untuk ruas tol lama seperti Jakarta-Cikampek, Jakarta-Tangerang, dan Jagorawi, berlaku 20 persen area komersial untuk UMKM," kata Desi saat ditemui di rest area Kilometer 207 Jalan Tol Palikanci, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (11/7/2018).

Desi menyebutkan, hingga saat ini terdapat 424 UMKM binaan Jasa Marga yang telah beroperasi di beberapa tempat peristirahatan jalan tol.

Jumlah tersebut tersebar di tujuh ruas jalan tol, yakni Jakarta-Cikampek, Jakarta-Tangerang, Jagorawi, Purbaleunyi, Palikanci, Semarang dan Solo-Ngawi.

Khusus di rest area kilometer 207 A Tol Palikanci, sudah beroperasi sebanyak 27 UMKM dengan beragam jenis usaha, mulai dari warung makan hingga oleh-oleh khas Cirebon. Area komersial tersebut dikelola oleh anak usaha Jasa Marga, PT Jasamarga Properti.

"Ke depan juga kami akan menekankan kembali kriteria UMKM-nya dan konsep pengelolaannya bersama Kementerian BUMN. Namun dalam waktu bersamaan, UMKM yang sudah berjalan ini, kami juga melakukan pembinaan hingga usahanya semakin meningkat dan naik kelas menjadi usaha menengah, tidak lagi mikro," ujar Desi. kbc10

Bagikan artikel ini: