Bank Dunia berminat danai proyek LRT di 4 kota ini

Kamis, 12 Juli 2018 | 07:41 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Bank Dunia menyatakan minatnya untuk memberikan kucuran pinjaman kepada pemerintah Indonesia. Tawaran ini akan ditindaklanjuti dalam rangka menata transportasi di wilayah perkotaan.

"Jadi tadi ada satu ide yang bagus dari Menko (Luhut Binsar Panjaitan) karena ada tawaran dari World Bank untuk memberikan bantuan secara loan. Nah kita tahu kota-kota besar di Indonesia ini penataan transportasi belum maksimal, kita ambil kesempatan. Nah kesempatan itu kita presentasikan dalam IMF-World Bank nanti," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Dia mengungkapkan, dalam proposal yang diajukan pemerintah, ada empat diajukan untuk pembangunan proyek tersebut yaitu Medan, Bandung, Surabaya dan Bali. Rencananya, moda transportasi yang akan dibangun yaitu Light Rail Transit (LRT).

"LRT. Secara diskusi kita ada empat kota yang kita bisa masukan karena kalau di forum ini proposalnya mintanya detil ya. Proposal yang sudah dibuat kan tiga kota Medan, Bandung dan Surabaya, ditambah lagi tadi usul Bali, jadi ada empat kota yang akan kita ajukan di meeting tersebut. Medan lebih cepat dengan SMI (Sarana Multi Infrastruktur) membuat kajian KPBU (Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha). Keempat kota ini akan menjadi proyek KPBU mengikuti KPBU yang sudah berlaku di Jabodebek," jelas dia.

Menurut Budi, belum ada keputusan mengenai nilai pinjaman yang akan diberikan. Namun yang terpenting adalah proyek tersebut bermanfaat bagi masyarakat dan mampu mengurangi tingkat kemacetan di kota-kota tersebut.

"Besaran belum, yang penting kita ajukan proyek riil, yang benar kalau kota itu macet, benar teknologi menjadi solusi, dan ada kemampuan bagi Pemda dan pemerintah pusat bahkan swasta untuk membimbing," tandas dia. kbc10

Bagikan artikel ini: