Mulai digandrungi, Indonesia kini punya timnas Flag Football

Senin, 16 Juli 2018 | 08:19 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Dalam beberapa tahun terakhir, mulai berkembang cabang olahraga baru di Indonesia. Namanya: flag football. Ini merupakan olahraga turunan dari american football. Bedanya adalah, flag football minim benturan fisik antara pemain. Sedang american football sarat kontak fisik.

Olahraga ini belum sepopuler sepakbola atau bulu tangkis. Meski begitu, beberapa sekolah memasukkan flag footbal sebagai ekstra kurikuler mereka. Negara kita sudah punya tim nasional (timnas) flag football.

Pelatih timnas flag football usia muda, Akbar Kusuma menuturkan, olahraga ini bisa dimainkan siapa saja. Baik yang berbadan besar maupun kecil bisa jadi pemain. Saat ini, rata-rata atlet flag football di Indonesia berusia 25 tahun. Meskipun begitu, ada juga yang sudah berumur 40 tahun. "Flag football adalah olahraga yang dasarnya dari american football, sama seperti futsal yang merupakan turunan dari sepakbola," ujar Akbar akhir pekan lalu.

Flag football, Akbar bilang, lebih mudah berkembang di Indonesia dibanding american football. Sebab, kontak fisik antara pemain dalam olahraga tersebut lebih minim. Sehingga, pemain flag football tidak memerlukan berbagai alat pelindung layaknya pemain american football.

Di american football, pemain bertahan harus menjatuhkan pemain lawan yang membawa bola. Sedang pada flag football, pemain cukup mencabut setidaknya satu bendera yang terpasang di pinggang pemain lawan yang membawa bola. Pemain flag football lebih sedikit, hanya delapan orang saja. Sementara jumlah pemain american football mencapai 11 orang. kbc10

Bagikan artikel ini: