Dukung peningkatan minat baca masyarakat, Danamon dan Adira bagi-bagi buku bermutu

Rabu, 18 Juli 2018 | 11:48 WIB ET
Eddie Harijanto Bintoro (tengah) secara simbolis menyerahkan buku kepada Taman Baca Jruk Sumba di dampingi (kiri) Jemmy Toding (RSMEH) dan Irene Sri Redjeki (RCH).
Eddie Harijanto Bintoro (tengah) secara simbolis menyerahkan buku kepada Taman Baca Jruk Sumba di dampingi (kiri) Jemmy Toding (RSMEH) dan Irene Sri Redjeki (RCH).

SURABAYA, kabarbisnis.com: Yayasan Danamon Peduli (Danamon Peduli) turut mendukung mencerdaskan bangsa dengan meningkatkan minat baca di masyarakat. Upaya ini diwujudkan dengan memfasilitasi inisiatif kegiatan sosial karyawan bertajuk Danamon – Adira Berbagi Buku.

Menariknya, kegiatan yang merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan tersebut melibatkan para karyawan untuk menjadi ‘Relawan Buku’, dengan menyumbangkan buku baru atau bekas yang layak dan bermutu,  untuk anak-anak berusia 4-12 tahun.

Ketua Umum Yayasan Danamon Peduli, Restu Pratiwi menuturkan, sebagai salah satu institusi keuangan terbesar di Indonesia yang didukung oleh lebih dari 30 ribu karyawan, Bank Danamon dan anak perusahaanya, Adira, menggalang kekuatan guna berkontribusi pada upaya peningkatan minat baca serta menyediakan akses masyarakat terhadap buku-buku bermutu.

“Hasil penelitian Perpustakaan Nasional RI tahun 2017 menyebutkan bahwa rata-rata orang Indonesia membaca buku per hari rata-rata 30 - 59 menit, dimana jumlah buku yang ditamatkan per tahun hanya 5 - 9 buku. Riset lain mengungkapkan minat baca Indonesia hanya 0,01 persen, bandingkan dengan rakyat Jepang di angka 45% dan Singapura sebesar 55%.. Fakta lain mengungkapkan, orang Indonesia merupakan masyarakat berbudaya tutur. Artinya, lebih senang bertukar dan mencari informasi secara lisan. Akan tetapi harus diakui, bahwa semua ini adalah karena keterbatasan bahan bacaan dan akses terhadap buku bermutu. Untuk mengatasi hal ini, kami ingin berkontribusi untuk mendukung peningkatan minat baca masyarakat ” kata Restu melalui siaran tertulisnya, Rabu (18/7/2018).

Dalam pelaksanaan  Danamon – Adira Berbagi Buku, dilakukan juga edukasi kepada karyawan bahwa mendonasikan buku bukan sekedar memindahkan buku yang sudah tidak terpakai di rumah untuk disumbangkan, tapi juga turut menyumbang dengan rasa tanggung jawab terhadap isi buku yang bermutu dengan kondisi buku yang layak (tidak robek, tidak dicoret-coret). Hal ini tentunya selaras dengan tujuan utama kegiatan, yakni mendukung peningkatan minat baca serta pengetahuan masyarakat. Oleh karena itu, seluruh pelaksanaan dari kegiatan ini, mulai dari menerima, memilah, mengemas hingga mengirim buku hasil donasi dilakukan oleh para karyawan relawan.

Regional Head dan Regional Corporate Officer Danamon Wilayah Jawa Timur, Eddie Harijanto Bintoro menambahkan, langkah Danamon bersama Adira  tersebut selaras dengan salah satu value perusahaan, yaitu ‘Peduli'.

"Khusus Danamon – Adira wilayah Jawa Timur berhasil mengumpulkan 4.470 buku, yang diserahkan ke empat Taman Baca yaitu Perpustakaan  Al Jihad 1.370 buku, Taman Baca Buku Untuk Semua 1.315 buku, Taman Baca Kubuka Buku 695 buku dan Taman Baca Jruk Sumba  1.090 buku," ulasnya.

Sedangkan total buku terkumpul di seluruh Indonesia sebanyak 40.040 buku dan telah didonasikan kepada 35 mitra kerja per Juni 2018. Buku-buku tersebut tersebar di 35 taman baca masyarakat hingga perpustakaan, yang dalam pelaksanaannya melibatkan 6.664 karyawan sebagai ‘Relawan Buku'. kbc7

Bagikan artikel ini: