DPRD Surabaya acungi jempol kiprah pegiat olahraga untuk warga lansia

Kamis, 19 Juli 2018 | 02:23 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Kiprah Persatuan Olahraga Pernapasan Indonesia (PORPI) Kota Surabaya sudah tak diragukan lagi. Para pegiatnya terus mendorong warga, terutama yang berusia lanjut, untuk tetap aktif berolahraga demi menjaga kesehatan tubuh serta mengisi hari tua dengan produktif. Oleh karena itu, DPRD Kota Surabaya meminta ke pemerintah kota, khususnya Dinas Pemuda dan Olahraga, agar memberi perhatian khusus ke para penggemar olahraga pernapasan tersebut.

Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji mengatakan, aktivitas yang digalang oleh PORPI patut diapresiasi. Secara rutin, PORPI menggelar beragam kegiatan olahraga pernapasan bersama untuk mengajak masyarakat Surabaya, terutama yang berusia lanjut, agar tetap sehat. Sebagai salah satu jenis olahraga rekreasi, olahraga pernapasan terbukti mampu menjaga badan tetap sehat sehingga para warga lanjut usia bisa tetap produktif.

”Negara berutang budi kepada komunitas maupun organisasi-organisai yang mendorong peningkatan kegiatan berolahraga di masyarakat, karena hal itu bisa menyehatkan warga. Dengan warga yang sehat, kehidupan masyarakat bisa lebih dinamis. Ekonomi bergerak, warga sejahtera,” ujar Armuji.

Demikian pula kiprah PORPI yang mestinya juga diapresiasi oleh Pemkot Surabaya, dalam hal ini Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora). ”Coba bayangkan kalau warga lanjut usia ini tidak ada aktivitas, tidak bergerak, hanya di rumah saja tanpa pernah olahraga, malah rawan sakit. Jika sudah sakit, tentu membutuhkan biaya untuk berobat dan berpotensi menjadi beban bagi keuangan negara,” ujar Armuji yang sudah empat kali periode terpilih menjadi wakil rakyat.

Oleh karena itu, lanjut Armuji, dengan mendukung aktivitas berolahraga di masyarakat dengan sendirinya sebenarnya membantu pemerintah dalam mengelola dana kesehatan untuk rakyat.

Armuji mengatakan, Dispora perlu lebih aktif dalam memfasilitasi kegiatan berolahraga yang dilakukan masyarakat, termasuk PORPI. PORPI Surabaya berulangkali berhasil mengharumkan nama Kota Pahlawan ini dalam ajang nasional yang digelar oleh Forum Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI).

”Kegiatan-kegiatan olahraga rekreasi tingkat nasional ini semua sudah terjadwal, sehingga semestinya Dispora bisa menganggarkan untuk membantu PORPI memberangkatkan warga lanjut usia Surabaya tampil berkompetisi di tingkat nasional,” ujar Armuji yang bakal maju sebagai calon anggota DPRD Jatim pada pemilu 2019.

Armuji menjelaskan, DPRD Kota Surabaya sudah memberikan ruang anggaran yang cukup bagi Dispora. Semestinya Dispora bisa cermat dalam mengelola anggaran, sehingga bisa memberi manfaat ke seluruh kalangan.

”Membantu olahraga prestasi penting, tapi olahraga rekreasi seperti para sahabat di PORPI ini jangan disepelekan,” ujar wakil rakyat yang akrab disapa Cak Ji tersebut.

Sementara itu, Ketua DPC PORPI Surabaya Hartanto menambahkan, selama ini PORPI terus konsisten mengajak warga Surabaya aktif berolahraga melalui beragam jenis senam pernapasan yang menjadi ciri khas PORPI.

”Jenis-jenis senam pernapasan yang kami perkenalkan sangat cocok untuk warga berusia 45 tahun ke atas, seperti senam yang dikenal masyarakat kita dengan sebutan senam taichi. Ini senam yang tidak membutuhkan tenaga luar biasa seperti aerobik, namun hasilnya terbukti mampu menyehatkan badan,” ujar Hartanto yang juga dikenal sebagai instruktur senam.

Hartanto mencontohkan senam refleksi yang terdiri atas 18 gerakan, di antaranya tepuk tangan, tepuk jari, jalin tangan, ketok nadi, jongkok berdiri, menepuk perut, dan kaki jinjit. Semua jenis gerakan senam pernapasan itu memberi manfaat secara komprehensif ke tubuh, mulai merangsang kesadaran otak, melancarkan sirkulasi darah, hingga menyehatkan ginjal dan jantung.

”Jika terus dibudayakan secara konsisten, tubuh akan senantiasa bugar,” ujarnya. kbc1

Bagikan artikel ini: