Bantu majukan sepak bola Tanah Air, BRI resmi sponsori PSSI

Kamis, 2 Agustus 2018 | 08:58 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk resmi menjadi sponsor Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Bank pelat merah ini berkomitmen mengucurkan bantuan dana Rp 14 miliar kepada PSSI untuk mengelola tim nasional (timnas) di segala usia.

Penandatanganan perjanjian kerja sama ini dilakukan oleh Direktur Utama BRI Suprajarto dan Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi. Seremoni berlangsung di kantor pusat salah satu bank nasional ini, di Jakarta, Rabu (1/8/2018).

"Dukungan ini adalah bentuk nasionalisme. Sebagai BUMN, kami berupaya meningkatkan olahraga paling populer ini," kata Suprajarto, Rabu (1/8/2018).

Dia menjelaskan, BRI membantu kebutuhan pengelolaan keuangan PSSI, di antaranya penggunaan cash management system (CMS) BRI untuk PSSI, penggunaan rekening BRI untuk semua keperluan operasional PSSI. Ini termasuk rekening operasional, rekening gaji pemain dan pegawai PSSI, rekening penerimaan sponsorship, dan rekening lainnya. Kemudian penggunaan kartu BRIZZI edisi khusus Garuda Fans Club, serta kerja sama pembayaran, baik online maupun offline di Garuda Store dan unit bisnis milik PSSI lainnya.

Paling utama, menurut Suprajarto, sponsor dari mereka diharapkan membantu pengelolaan sepak bola Indonesia lebih profesional. Ujungnya adalah sebuah prestasi. Ia menilai, banyak bibit muda Tanah Air butuh pembinaan sejak dini.

"Saya ngobrol-ngobrol dengan orang dari luar negeri. Kaderisasi dari kecil itu penting. Saatnya kita berkiprah di pentas dunia. BRI mendukung," ujarnya.

Direktur hubungan kelembagaan BRI, Sis Apik Wijayanto, menjelaskan dari sisi bisnis. Dengan adanya kerja sama ini, bisa meningkatkan loyalitas nasabah pada banknya. Ia tak memungkiri sepak bola sangat digemari di seluruh negeri.

Mengenai pendanaan Rp 14 miliar, menurutnya, tidak termasuk bantuan non-cash. "Misalnya PSSI mau main, kita pasang billboard-nya, ada di LED, juga member card PSSI fans club," ujar Wijayanto.

Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi menilai, ini salah satu momen bersejarah. Ia berharap BUMN lain bisa melakukan hal serupa. Ia menjelaskan, saat ini pihaknya menangani timnas U-16, U-19, U-23, senior, putri, dan futsal.

Sehingga bantuan sponsor sangat dibutuhkan untuk operasional pembinaan serta pertandingan. "Selama ini saya merasa PSSI seperti organisasi di planet lain di Indonesia. Alhamdulillah, BRI cepat sadar. BRI juga memiliki PSSI," tutur Edy.

Selain menjadi Official Banking Sponsor PSSI, BRI juga sebagai Official Prestige Partner Asian Games 2018. Kemudian, Official Bank Partner Tim Indonesia, dan Sponsor Asian Paragames 2018. BRI membukukan laba bersih Rp 14,9 triliun pada Semester pertama 2018. Angka ini naik 11 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. kbc10

Bagikan artikel ini: