Ini dia Risha, rumah instan tahan gempa dari PUPR

Kamis, 09 Agustus 2018 | 08:39 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mengembangkan rancangan Rumah Instan Sederhana Sehat (Risha), yaitu salah satu solusi dan teknologi mutakhir di bidang perumahan untuk negara Indonesia yang rentan gempa.

Dilansir dari twitter resmi PUPR, Rabu (8/8/2018), RISHA adalah sebuah penemuan teknologi konstruksi knock down yang dapat dibangun dengan waktu cepat menggunakan bahan beton bertulang pada struktur utamanya.

Inovasi ini didasari oleh kebutuhan akan percepatan penyediaan perumahan dengan harga terjangkau dengan tetap mempertahankan kualitas bangunan sesuai dengan standar (SNI). RISHA juga salah satu solusi dan teknologi mutakhir di bidang perumahan dari Kementerian PUPR untuk negara Indonesia yang rentan gempa.

Risha juga didesain sedemikian rupa sehingga dapat menahan potensi gempa yang bergerak secara horizontal. Jumlah tenaga kerja untuk merakit teknologi ini pun cukup dengan tiga orang saja dengan waktu pembangunan instalasi yang lebih cepat.

Salah satu daerah yang sudah menggunakan teknologi ini adalah permukiman pascabencana Tsunami di Aceh dan Nias. kbc10

Bagikan artikel ini: