Resmi dilantik, AMSI Jatim bertekad jadi pelopor berantas informasi hoaks

Sabtu, 11 Agustus 2018 | 11:20 WIB ET
(istimewa)
(istimewa)

SURABAYA, kabarbisnis.com: Pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Jawa Timur Periode 2017-2020 resmi dilantik di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (10/8/2018). Hadir dalam pelantikan, Gubenur Jatim, Soekarwo atau yang akrab disapa Pakde Karwo

Pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Dewan Pengawas AMSI Pusat, Dwi Eko Lokononto. Adapun SK Kepengurusan AMSI Jatim, dibacakan Korwil AMSI Jawa Bali Nusa, Yatimul Ainun.

"Dalam rangkaian acara pelantikan ini, kami juga menggelar seminar soal pemberantasan informasi hoaks dan kondisi konten media sosial saat ini. AMSI Jatim bertekad untuk menjadi pelopor berantas informasi hoaks. Menjelang Pilpres 2019, kami berharap, tidak ada informasi hoaks yang bertebaran di masyarakat," ujar Ketua AMSI Jatim Arief Rahman.

Sementara itu, dalam sambutannya, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo menyampaikan, bahwa media sebagai pilar keempat demokrasi. Karenanya, harus saling membangun proses demokrasi. 

"Media memberitakan informasi hoaks atau tidak, tergantung SDM media yang disediakan. Karenanya, harus ada tim yang mengecek fakta atau tidak. Biar tidak terjebak pada informasi hoaks," katanya.

Kemampuan untuk melakukan cek fakta tambah Pakde Karwo, harus dipelopori atau dilakukan oleh AMSI untuk memberantas informasi hoaks. "Karena hal begitu juga bagian dari penegakan demokratisasi," katanya. kbc3

Bagikan artikel ini: