Komjen Syafruddin resmi dilantik jadi Menteri PAN-RB

Rabu, 15 Agustus 2018 | 11:33 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Syafruddin sebagai menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi (PAN dan RB) di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (15/8). Syafruddin mengisi sisa masa jabatan untuk tahun 2018-2019.

Syafruddin menggantikan kader Partai Amanat Nasional (PAN) Asman Abnur yang mengundurkan diri terkait keputusan PAN mendukung pasangan calon presiden-wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019.

Syafruddin mengucapkan sumpah,"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segal peraturan Perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab.”

Upacara pelantikan dihadiri Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK), serta pimpinan lembaga negara, seperti Ketua DPR Bambang Soesatyo dan Ketua DPD Oesman Sapta Odang. Selain itu, tampak juga sejumlah menteri Kabinet Kerja, termasuk Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan.

Syafruddin yang lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, pada 12 April 1961 pernah dipercaya sebagai ajudan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Saat ini, Syafruddin menjabat ketua Kontingen Indonesia pada pesta olahraga Asian Games XVIII yang akan diselenggarakan di DKI Jakarta dan Palembang. kbc2

Bagikan artikel ini: