Meski demand tinggi, Wardah belum lirik pasar ekspor baru

Kamis, 16 Agustus 2018 | 07:47 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Paragon Technology and Innovation, pemilik brand Wardah mengaku pasar luar negeri masih cukup menarik. Perusahaan pertama kali melakukan ekspansi ke luar negeri dengan menyasar Malaysia dan saat ini telah berkembang mencapai 289 gerai yang menjual produk miliknya.

Chief Marketing Officer Paragon Technology and Innovation, Salman Subakat mengatakan, selain di Malaysia sebenarnya produk Wardah juga secara official sudah banyak dipesan di beberapa negara lain. Namun sejauh ini, baru pasar Malaysia yang digarap secara official oleh perusahaan.

“Wardah sering dikirim oleh para vlogger, untuk tunjukkan ini kosmetik dari Indonesia, jadi tidak heran karena dunia semakin well connected jadi akhirnya produk kosmetik Wardah dipakai di mana-mana,” ujarnya, Rabu (15/8/2018).

Sayangnya, dirinya belum menjawab apakah ada rencana perusahaan untuk memperluas pasar selain ke Malaysia. Asal tahu saja, saat ini perusahaan menggandeng peritel seperti Watsons dan Sogo untuk ekspansi di negeri Jiran.

Saat ini demand terhadap produk halal terutama untuk kosmetik masih sangat besar, sehingga relevan bagi perusahaan ekspansi ke Malaysia yang memiliki karakteristik yang mirip dengan Indonesia. Namun dengan banyaknya e-commerce dan terbukanya pasar, membuat produknya sudah banyak dipesan dari negara lain.

“Dunia semakin terkoneksi dengan baik, jadi akhirnya di India ada yang pakai karena punya temen jadi semuanya ini serba terhubung” tutupnya. kbc10

Bagikan artikel ini: