Seperti bandara, masuk pelabuhan bakal lewati pemeriksaan x-ray

Kamis, 16 Agustus 2018 | 07:56 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Perhubungan bakal meningkatkan sistem pengamanan penumpang dan barang di pelabuhan dan transportasi laut. Hal ini agar setara dengan bandara dan stasiun kereta api untuk meningkatkan kelayakan angkutan orang dan barang.

Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Agus Purnomo menyebutkan realisasinya akan dimulai dengan peningkatan teknologi terlebih dulu seperti misalnya penggunaan x-ray dan ticketing online.

"Gak usah berteori terlalu canggih. Jadi seluruh pelabuhan kita itu ikuti bagaimana bandara dan stasiun," kata Agus di kantor Pelni, Jakarta Pusat, Rabu (15/8/2018).

Penerapannya diterapkan pada pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo seperti di Banten dan Tanjung Priok dan kapal-kapal yang dioperatori oleh Pelni terlebih dulu.

"Jadi pelabuhan-pelabuhan di mana itu kita terapkan harus steril ada xray ada tiket online. Misalnya di Merak dulu. Bakaheuni jangan dulu. Pelan pelan saja," ungkap Agus.

Kemenhub akan berkonsilidasi terlebih dulu dengan operator kapal dan pelabuhan untuk rencana tersebut, kemudian soal dana akan dioptimalkan untuk menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Kalau mereka gak ada duit ya pakai duit negara, nanti kami siapkan," kata Agus. kbc10

Bagikan artikel ini: