Bober, cafe berkonsep eklektik yang didedikasikan bagi komunitas kreatif Surabaya

Senin, 20 Agustus 2018 | 18:03 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Bagi kalangan anak muda, berkumpul dan bentuk komunitas adalah sebuah keharusan. Selain untuk memperbanyak teman, langkah ini juga dinilai sangat pas untuk mengasah kreatifitas mereka. 

Wajar jika biasanya mereka butuh waktu lama untuk sekadar nongkrong ataupun saling tukar informasi. Hanya saja, tidak banyak cafe yang memberikan keleluasaan bagi mereka untuk berlama-lama di cafe dengan membeli sedikit produk yang dijual. 

“Kalau di Surabaya, tempat nongkrong mereka ya di mall, padahal di mall kadang sangat ramai dan berisik. Kalapun di cafe, pasti tidak bisa berlama-lama karena budget mereka biasanya cekak. Inilah yang menginspirasi kami membuka cafe Bober ini. Kami ingin komunitas-komunitas tersebut terwadahi dan terkonsolidasi di sini sehingga mereka tidak bingung lagi mencari tempat nongkrong,” ujar salah satu Owner Bober Cafe, Jodi Janitra saat tasyakuran kemarin.

Karena didedikasikan sebagai wadah berkumpulnya komunitas, maka konsep eklektik menjadi pilihan dekorasi cafe. Nuansa ruangan yang nyaman dengan pilihan tempat duduk yang beragam, mulai dari kursi pendek, sofa, kursi keras hingga lesehan menjadikan cafe yang berlokasi di Jalan Raya Jemursari Surabaya ini semakin membuat pelanggan betah. 

Menu yang disajikan juga beraneka ragam, mulai dari berbagai jenis minuman, makanan ringan hingga makanan berat. Untuk makanan berat, yang jadi menu favorit adalah Nasi Goreng Bober. Nasi goreng ini memiliki rasa yang istimewa karena dikombinasikan dengan abon dan sate tetapi harganya cukup terjangkau. Seluruh menu dihargai dibawah Rp 50 ribu lengkap dengan minuman.

“Kalau kumpul di Mall atau di tempat lain pasti kena biaya sewa tempat, kalau di sini tidak. Mereka bebas membawa teman berapapun jumlahnya tanpa ada batas minimal pembelian. Harga makanan juga murah. Kami ingin cafe ini menjadi wadah bagi komunitas kreatif Surabaya, seperti cafe Bober di Bandung yang telah menjadi basecamp bagi beragam komunitas anak muda,” terangnya.

Cafe Bober di Surabaya ini adalah cafe ke empat yang ia dirikan. Dua cafe Bober yang berlokasi di Bandung lebih dulu didirikan yang disusul dengan Bober di Pangandaran Jawa Barat. “Kami melihat Surabaya adalah kota terbesar kedua dengan daya kreatifitas tinggi.  Jumlah komunitas di Surabaya juga cukup banyak,” tambahnya.

Ia mengaku cafe ini didirikan secara konsorsium. Ada enam orang yang menjadi investor,  dua orang dari Bandung yaittu ia sendiri dan Theo Faybriean, tiga orang dari Surabaya, yaitu Giri Bayukusuma mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jatim, Wilson Tirta Tanim dan Fuad Bernardi, putra Walikota Surabaya Tri Rismaharini dan ke enam adalah selebritis tanah air, Aura Kasih.

“Dengan besarnya potensi pasar disini, Bober Surabaya sangat pas menjadi percontohan di luar Bandung. Karena selanjutnya kami juga berencana akan membuka cabang di beberapa kota yang banyak mahasiswanya, seperti Malang, Jogjakarta dan Medan,” pungkasnya.kbc6

Bagikan artikel ini: