Djarum akuisisi saham perusahaan tekfin Cermati

Jum'at, 07 September 2018 | 00:16 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Sedikit demi sedikit, Grup Djarum mengambil alih kepemilikan di perusahaan teknologi finansial Cermati. Cermati adalah perusahaan yang menyediakan marketplace produk keuangan bagi sekitar 1 juta penggunanya.

Grup Djarum telah mengakuisisi saham milik Finch Capital dan East Ventures di Cermati. Finch Capital, dalam siaran pers yang dirilis pada akhir Agustus, menyatakan telah menjual saham di perusahaan teknologi finansial Cermati kepada Grup Djarum. 

Pengambilalihan saham milik Finch Capital di Cermati oleh Grup Djarum dikonfirmasi oleh Chief Marketing Officer GDP Venture Danny Oei Wirianto.

Grup Djarum juga mengambil alih saham milik East Ventures di Cermati. Partner East Ventures Willson Cuaca mengatakan East Ventures telah melakukan divestasi setelah 3 tahun menjadi pemodal di Cermati.

Selain mengambil alih kepemilikan dari pemegang saham terdahulu, jelasnya, Grup Djarum juga menyuntikkan modal segar. 

Finch, East Ventures, dan GDP Ventures tak mengungkapkan nilai kesepakatan akuisisi saham Cermati.

Cermati merupakan platform daring yang membantu penggunanya melakukan riset untuk pengajuan kartu kredit, cicilan kendaraan, pinjaman pribadi, dan kredit pemilikan rumah.

Perusahaan itu memperluas ragam layanan yang tersedia dengan menambah fitur verifikasi identitas dan penjaminan terhadap pinjaman mikro dan produk asuransi.

Cermati mengklaim sebagai salah satu situs marketplace produk keuangan yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Basis pengguna Cermati melebihi 1 juta orang yang tersebar di berbagai daerah yang meliputi Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Jogja, Denpasar, Pontianak, Medan, dan Batam.

Penjualan saham perusahaan tekfin Cermati kepada Grup Djarum sekaligus menandakan divestasi perdana Finch Capital di Indonesia.

Finch Capital memiliki dua portofolio investasi lain yang beroperasi di Indonesia yaitu platform pembayaran Ayopop dan platform pemasaran TADA.

East Ventures telah mendivestasi kepemilikan di belasan perusahaan teknologi termasuk penjualan Kudo ke Grab, Loket ke Go-Jek, dan Talenta ke Sleekr.

Cermati tercatat terakhir kali memperoleh investasi pada awal 2017 lalu. Perusahaan itu menggalang pendanaan seri A senilai US$1,9 juta dalam putaran pendanaan yang dipimpin oleh East Venture. kbc10

Bagikan artikel ini: