GIIAS Surabaya Auto Show 2018 diklaim sumbang pemerataan ekonomi di Jatim

Sabtu, 15 September 2018 | 00:43 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya 2018 siap digelar dan dibuka untuk umum mulai Sabtu (15/9/2018) hingga 23 September 2018. Even ini menjadi salah satu pameran yang paling ditunggu di tahun ini.

GIIAS Surabaya Auto Show 2018 hadir dengan konsep baru menggunakan area pameran yang lebih luas, meliput perluasan area mulai dari Convention Hall lt. 3, Exhibition Hall lt. Ground, hingga area outdoor lapangan parkir Grand City Convex Surabaya. Even ini juga akan hadir lebih lama, yang sebelumnya berlangsung selama 5 hari, tahun ini GIIAS Surabaya Auto Show 2018 akan diselenggarakan selama 9 hari.

Dengan panjangnya gelaran serta penambahan kapasitas, Gaikindo mengklaim even ini akan menumbuh kembangkan industri otomotif bahkan perekonomian yang lebih merata di seluruh Indonesia, khususnya di Jawa Timur.

Sekretaris Umum Gaikindo, Kukuh Kumaran mengatakan, pemilihan kota Surabaya sebagai pelaksanaan rangkaian GIIAS ini karena Jawa Timur merupakan salah satu provinsi penting di kacamata industri otomotif yang menempati rangking ke 3 setelah Jawa Barat dan Jakarta. Oleh karena itu pelaksanaan ini adalah sebagai langkah Gaikindo untuk turut mendorong pertumbuhan industri otomotif Indonesia.

“Hal ini menjadi pertimbangan penting Gaikindo untuk tetap fokus menyelenggarakan rangkaian GIIAS di Surabaya. Hal ini mewakili semangat Gaikindo untuk membantu dan membesarkan industri otomotif Indonesia menuju masa depan, baik untuk pelaku industri di Ibu Kota maupun pelaku industri di kota-kota besar lainnya," ujarnya pada press conference GIIAS Surabaya Auto Show 2018, Jumat (14/9/2018).

Project Director One Event selaku Organizer GIIAS Surabaya Auto Show 2018, Yusuf Karim Ungsi mengatakan, besarnya gaung even tersebut juga memberikan dampak positif bagi sektor lain seperti transportasi, hotel, restoran, toko oleh-oleh, dan sebagainya.

"Dengan even ini juga didorong oleh kegiatan lain seperti gedung, supplier pameran, EO dan sebagainya. Jika GIIAS di Jakarta melibatkan 20 ribu pekerja selama even, di Surabaya ini ada sekitar 2 ribu pekerja yang terlibat. Artinya ini juga memberikan dampak perekonomian," jelasnya.

Ditambahkan Yusuf, GIIAS Surabaya Auto Show 2018 siap menghadirkan inovasi dan teknologi terkini dari lebih dari 70 exhibitors, mencakup didalamnya merek kendaraan dan sepeda motor tenama dari Agen Pemegang Merek (APM), yang terdiri dari 11 merek kendaraan penumpang, 4 merek sepeda motor, dan puluhan merek industri pendukung otomotif.

Selain menampilkan industri otomotif mobil dan motor, GIIAS Surabaya Auto Show tahun ini juga menampilkan Festival Otomotif Jawa Timur yang merupakan pameran kreatif inovatif di bidang otomotif karya anak bangsa. Festival ini telah terkonsep dan terbagi dalam 5 Zona. Beberapa zona ini antara lain ada Zona Teknologi dan Inovasi dimana akan diisi oleh beberapa produk hasil kreativitas mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya,  Zona Kreativitas dimana akan terdapat berbagai builder, café dan fashion otomotif, Zona Komponen Lokal yang diikuti oleh Mitra dan Binaan UPT Logam Dinas Perindustrian & Perdagangan Provinsi Jawa Timur,  Zona Karoseri (Multiguna/Produktif) yang diikuti oleh Mitra Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, dan  Zona Safety Driving dimana Polantas Polrestabes Kota Surabaya yang akan memamerkan dan mensosialisasikan kampanye safety driving untuk roda empat dan roda dua.

Konsep zona ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi industri kreatif lokal khususnya pada   bidang otomotif yang inovatif. Hal tersebut merupakan bentuk apresiasi terhadap karya anak bangsa yang dapat meningkatkan kreatifitas dalam penggunaan teknologi dalam bidang otomotif.

“GIIAS Surabaya tahun ini akan dibuat menjadi miniatur pameran GIIAS yang berlangsung di ICE – BSD, sehingga produk terkini dan terupdate dari industri otomotif yang sebelumnya dipamerkan di GIIAS 2018 akan banyak hadir di sini," pungkas Yusuf. kbc7

Bagikan artikel ini: