Sinergi BUMN, BTN biayai proyek konstruksi di lahan milik RNI

Kamis, 20 September 2018 | 14:34 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) bersama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menjalin kerja sama dalam bidang pemanfaatan layanan jasa perbankan. Kerjasama tersebut tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Direktur Utama RNI B. Didik Prasetyo bersama Direktur Utama BTN Maryono, Rabu, 19 September 2018, di Kementerian BUMN, Jakarta. Turut hadir menyaksikan penandatanganan tersebut Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Kementerian BUMN Wahyu Kuncoro beserta jajaran Direksi RNI dan BTN.

Wahyu Kuncoro mengatakan, tujuan utama MoU ini adalah untuk support RNI dalam rangka pembiayaan pembangunan infrastruktur. Hal ini menjadi awal yang baik guna mendukung trnasformasi di tubuh RNI. 

Ia mengatakan, RNI merupakan BUMN yang banyak memiliki aset berupa tanah yang tersebar di berbagai daerah. Ke depan diharapkan dengan back up pendanaan dari BTN, RNI dapat segera melakukan optimalisasi aset-asetnya tersebut.

Sementara itu, Didik mengaku menyambut baik terwujudnya kerjasama ini. Ia berharap MoU ini dapat berjalan lancar dan segera ditindaklanjuti dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama.

“Kerja sama ini berawal dari pembicaraan saya dengan Pak Maryono dalam acara Rakor Kementerian BUMN. Waktu itu saya sampaikan RNI memiliki aset tanah yang cukup besar di Pancoran dan kami memiliki rencana untuk membangun salah satunya, Pak Maryono langsung menyambut baik rencana tersebut,” ungkap Didik.

Pada kesempatan yang sama, Maryono mengatakan, melalui kemitraan ini, BTN akan memberikan beragam fasilitas berupa produk dan layanan kepada RNI. Di antaranya, BTN akan memberikan fasilitas kredit untuk membiayai proyek konstruksi properti di lahan milik RNI. 

Maryono melanjutkan, BTN juga akan memberikan fasilitas pembiayaan kredit komersial, layanan garansi bank, produk Kredit Pemilikan Rumah dan Apartemen (KPR/KPA), hingga layanan perbankan lainnya bagi RNI dan karyawannya. kbc9

Bagikan artikel ini: