Dua menteri ramaikan dies natalis Unpad

Sabtu, 22 September 2018 | 17:48 WIB ET

BANDUNG – Suasana seru tercipta dalam pembukaan seminar Digital Innovation Summit 2018, Jumat (21/9). Dua menteri yang datang, tanpa canggung melakukan selfie.

Dua menteri Kabinet Kerja yang hadir dalam kesempatan itu adalah Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menkominfo Rudiantara.

Tidak hanya berdua, Rektor Unpad Tri Hanggono, dan Direktur HCM Telkomsel Irfan Tachrir, terlibat dalam sesi foto dadakan itu.  

Layaknya anak kekinian, rombongan melakukan selfie menggunakan tongsis, alias tongkat narsis.

Seminar Digital Innovation Summit 2018, digelar di Graha Sanusi Unpad, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung. Kegiatan itu adalah bagian dari Dies Natalis ke-61 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran.

“Dari seminar, diharapkan para peserta bisa mendapatkan gambaran mengenai persaingan industri. Serta, wawasan peningkatan mutu dan kompetensi SDM agar dapat berkompetisi dengan tenaga kerja dalam skala global,” tutur Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Menteri yang Memimpin Kementerian Pariwisata Terbaik 2018 di Asia Pasifik itu menambahkan, seminar akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa.

“Dunia digital sudah mewarnai dunia. Digital sudah masuk ke segala sektor. Termasuk sektor pariwisata. Oleh sebab itu, inovasi harus dilakukan agar kita bisa bersaing dan terus menghadirkan terobosan-terobosan baru,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Menpar menjabarkan tentang strategi meningkatkan performansi Pariwisata Indonesia. Yaitu dengan Deregulasi, dan Digital. Menpar juga menyampaikan berbagai promosi Pariwisata Indonesia di media digital seperti TripAdvisor, Google, CTrip, dan lainnya.

Menpar juga menyampaikan Kemenpar telah menginisiasi Wonderful Start-up Academy untuk menginkubasi Tourism Start-up di Indonesia. Menpar mendorong para peserta agar bergabung. 

Sedangkan Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional II Kementerian Pariwisata Sumarni, menjelaskan jika Kemenpar memberikan dukungan terhadap Dies Natalis Unpad. Begitu juga dengan Kemenkominfo.

“Dies Natalis ini berjalan semarak. Karena mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata dan Kemenkominfo,” jelas Sumarni.

Dijelaskannya, ada dua kegiatan utama dari Dies Natalis Unpad tahun ini.

“Dua kegiatan itu adalah Digital Innovation Summit (DIS) 2018, Phi Epsilum Beta (FEB) Nite. Kedua kegiatan tersebut dilaksanakan pada Jumat (21/9),” jelasnya.

Sementara Kabid Pemasaran Area I Kemenpar Wawan Gunawan menambahkan, pada acara ini diluncurkan Digital Talent Scholarship 2018.

“Digital Talent Scholarship 2018 adalah program beasiswa pelatihan intensif bagi 1000 orang yang ingin mengembangkan bisnis start-up,” jelasnya.

Kegiatan ini adalah hasil kolaborasi antara universitas terbaik di Indonesia. Seperti Unpad, ITB, ITS, UGM, dan UI, serta didukung sertifikat keahlian dari Microsoft Indonesia.

Bagikan artikel ini: