Agenda Pertemuan IMF - World Bank tak terganggu gempa Situbondo

Kamis, 11 Oktober 2018 | 15:07 WIB ET

NUSA DUA, kabarbisnis.com: Kepala Pelaksana Harian Pertemuan IMF - World Bank, Susiwijono mengatakan Pertemuan IMF-World Bank 2018 di Nusa Dua, Bali belum terdampak gempa yang terjadi di Situbondo, Jawa Timur. Menurut dia, hingga Kamis pagi, 11 Oktober 2018 seluruh kegiatan pertemuan tahunan itu masih berlangsung sesuai jadwal semula.

"Kami simpulkan tidak ada yang mengganggu jadwal maupun aktivitas dari delegasi maupun panitia khususnya dalam pertemuan IMF - World Bank ini," kata Susiwijono ketika mengelar konferensi pers di ICOM, Nusa Dua, Bali, Kamis, 11 Oktober 2018.

Sebelumnya, gempa berkekuatan magnitudo 6,3 mengguncang beberapa wilayah Jawa Timur dan Bali, Kamis, 11 Oktober 2018, pukul 01.57 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyebut titik koordinat pusat gempa (episenter) berada di 7,47 LS dan 114,43 BT, atau tepatnya di laut dan berjarak 55 kilometer arah timur laut dari Kota dan kabupaten Situbondo, Jawa Timur, dengan kedalaman 12 kilometer.

Adapun, gempa tersebut sempat dirasakan oleh para peserta yang hadir dalam Pertemuan IMF - World Bank 2018. Elisa Valenta, misalnya, wartawan yang menginap di Hotel Core, Jalan Pratama, Benoa, Badung, Bali terkejut ketika gampa terjadi. Ia bersama temannya segera berlari meninggalkan kamar.

"Tamu lain banyak yang tidak turun," kata Elisa. Kamar tempatnya menginap berjarak sekitar 2,8 kilometer dari Bali Internasional Convention Center, tempat acara IMF - WB banyak diselenggarakan.

Lebih jauh Susiwijono mengatakan kesimpulan itu diambil setelah dirinya melakukan rapat bersama dengan beberapa pihak seperti IMF, World Bank, Polda Bali, Kodim, BMKG dan BNPB. Kemudian, kesimpulan itu juga diambil setelah dirinya Susiwijono meminta seluruh tim panitia untuk melakukan pengecekan kondisi di lapangan.

"Begitu kejadian kami tugaskan seluruh tim untuk mengecek, cek insfrasturktur yakni venue, dan juga peralatan tidak ada terganggu, jadwal penyelenggaraan juga sudah siap tidak ada yang terganggu," kata dia.

Selain itu, Susiwijono mengatakan dirinya juga telah memastikan kondisi hotel-hotel yang digunakan bagi para tamu dan delegasi untuk menginap tidak ada yang mengalami gangguan. Setelah terjadinya gempa pada dini hari tadi, gempa dengan magnitudo 2-3 masih terjadi namun efeknya tak terlalu berdampak. kbc10

Bagikan artikel ini: