Datangkan Tenaga Ahli dari Jerman, BKSP dan Kadin Jatim gelar pelatihan pelatih tempat kerja

Kamis, 01 November 2018 | 15:12 WIB ET

BATU, kabarbisnis.com: Badan Koordinasi Sertifikasi Profesi Jawa Timur (BKSP Jatim) dan Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur (Kadin Jatim) menggelar Pelatihan Pelatih Tempat Kerja di Balai Kota Among Tani, Senin (29/10/2018) lalu. 

Kedua lembaga ini mencoba menyinergikan antara dunia usaha dengan dunia pendidikan kejuruan yakni Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) lewat pelatihan selama enam hari.

“Selama ini dunia usaha dan industri cenderung cuek ketika ada siswa SMK yang magang di tempatnya. Dengan adanya pelatihan diharapkan hal itu tidak akan terjadi lagi," ujar Ketua BKSP Jatim, Adik Dwi Putranto.

Pelatihan ini mendatangkan Andreas Gosche, pegiat Industrie-und Handelskammer (IHK), lembaga sejenis Kadin yang ada di Jerman.

Pelatihan ini diikuti 24 peserta yang berasal dari guru SMK dan separuh lagi dari pelaku usaha dan industri dari berbagai daerah di Jatim.

Pasca pelatihan, diharapkan setiap dunia industri yang ada di Jatim pada khususnya akan memiliki Pelatih Tempat Kerja (PTK). Dengan keberadaan PTK, maka semua industri akan selalu siap ketika ada siswa kejuruan yang datang untuk magang di tempatnya.

Andreas Gosche mengatakan, materi yang diberikan adalah materi yang diterapkan di Jerman.

Di mana diterapkan sistem pendidikan ganda dalam penyiapan tenaga kerja dari SMK, yakni pendidikan teori di sekolah kejuruan dan sistem praktik dengan magang di industri.

"Karena praktik langsung di dunia industri tidak semudah dengan pemberian materi saat di sekolah kejuruan,"ujar Andreas yang sudah fasih berbahasa Indonesia.

Badan Koordinasi Sertifikasi Profesi Jawa Timur (BKSP Jatim ) dan Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur (Kadin Jatim) menggelar

Di pelatihan Pelatih Tempat Kerja yang selenggarakan BKSP Jatim dan Kadin Jatim itu, ia juga menyampaikan sekaligus berpesan bahwa saat ini Indonesia sudah mulai berperan dalam perekonomian global dan dibutuhkan tenaga kerja yang terampil. kbc4

Bagikan artikel ini: