Industri motor nasional ekspor 600.000, Jokowi: Bagus sekali

Senin, 05 November 2018 | 11:28 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Presiden Joko Widodo mengunjungi pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 yang dihelat di Plenarry Hall & Assembly Hall, Jakarta Convention Center, pada Sabtu (3/11/2018). Pameran sepeda motor dua tahunan ini mengusung tema “Indonesia Future Technology”.

Tiba pukul 12.30 WIB, Presiden didampingi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Kedatanganya ini disambut langsung oleh Presiden Direktur PT Amara Pameran Internasional Andy Wismarsyah dan Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Yohanes Loman.

Presiden kemudian mengunjungi beberapa stan yang memamerkan sepeda motor berikut sejumlah terobosan teknologi teranyar yang menyertainya. Stan yang dikunjungi antara lain Suzuki, Kawasaki, Royal Enfield, Honda, dan Yamaha.

"Yang pertama saya ingin melihat kemajuan di bidang industri sepeda motor. Sekarang produksi nasional kita sudah 6,5 juta sepeda motor. Hampir 600.000 itu ekspor. Ini yang bagus. Selalu saya tanyakan yang ekspor mana. Saya kira ini sesuatu yang sangat bagus sekali bisa ekspor sebanyak itu," kata Presiden usai peninjauan.

Terkait ekspor, Presiden menuturkan, setidaknya produksi sepeda motor di Tanah Air sudah masuk ke 45 negara. Tidak hanya itu, Kepala Negara juga mengapresiasi besarnya komponen lokal yang digunakan di industri sepeda motor Indonesia.

"Yang kedua yang paling penting local contentnya hampir rata-rata sudah di atas 90%. Mungkin 95%-97%. Saya rasa sesuatu yang sangat bagus sekali. Tinggal bagaimana bisa masuk ke pasar-pasar baru, pasar-pasar yang sesuai dengan harga, sesuai dengan kualitas. Hampir 45 negara yang sudah dimasuki sepeda motor kita," ujarnya.

Setelah berkeliling dan meninjau sejumlah stan selama sekira 45 menit, Presiden meninggalkan lokasi. kbc10

Bagikan artikel ini: