Tumbuh bahagia jadi kunci keberhasilan anak di masa depan

Kamis, 08 November 2018 | 07:44 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Kebahagiaan.bagi seorang anak adalah segalanya, terlebih di saat mereka masih dalam masa keemasan atau golden age. Karena anak yang bahagia akan tumbuh lebih cerdas, dan memiliki kesadaran diri tinggi.

“Kebahagiaan itu membawa kesuksesan, sukses dal pendidikan dan sukses dalam dunia kerja,” tegas Psikolog Elizabeth Santosa dalam acara Nestle Lactogrow Grow Happy Parenting Workshop yang digelar di Surabaya, Rabu (7/11/2018). Hadir juga dalam kesempatan tersebut Dokter Spesialis Anak, Arini Dewi Widodo dan Brand Manager Nestle Lactogrow Gusti Kattani Maulani.

Elizabeth mengatakan ada beberapa kondisi dimana membuat anak merasa bahagia, tetapi yang paling dominan dan paling berkontribusi dalam bentuk kebahagiaan anak adalah kebersamaan mereka dengan keluarga, utamanya orang tua. Studi Child Happiness menemukan bahwa anak merasa bahagia saat bermain bersama orang tua, bahkan lebih bahagia dari ketika mereka bermain bersama adik atau kakaknya. 

“Namun nyatanya ditemukan lebih dari 50% orang tua merasa belum cukup hadir dan terlibat dalam kegiatan bersama si kecil.  Dan yang perlu diingat, tidak hanya kehadiranmu yang mereka butuhkan, tetapi keterlibatan secara emosional,” katanya.  

Lebih lanjut ia memaparkan bahwa pada umumnya para orang tua sudah mengerti teori pentingnya mendukung anak tumbuh bahagia, seperti menghabiskan waktu yang berkualitas dengan anak. Namun yang menjadi tantangan adalah bagaimana mewujudkan kondisi tumbuh bahagia (Grow Happy). Banyak orang tua yang masih belum bisa memaksimalkan keterlibatan mereka bersama anak meskipun telah susah payah menyisihkan waktu. Tantangan hidup modern seperti tingkat stres yang lebih tinggi atau interaksi yang intens dengan handphone misalnya, membuat keterlibatan emosional menjadi tantangan baru bagi orang tua. 

Menurut Elizabeth, ada beberapa langkah yang harus dilakukan orang tua agar anak tumbuh bahagia, diantaranya dengan memberikan makanan tepat waktu dan bergizi, mendukung kompetensi anak dan cukup waktu tidur anak. Selain itu orang tua juga harus memberikan cinta tanpa syarat kepada anak.”Dan yang terpenting adalah menjadi orang tua yang bahagia sehingga bisa menularkan kebahagiaannya kepada pasangan dan anak,” tegasnya.

Dokter Spesialis Anak, Ariani Dewi Widodo mengatakan, selain memberikan rasa kebahagiaan, yang juga sangat penting bagi orang tua adalah mengetahui dan mengerti nutrisi yang seimbang termasuk susu dengan kandungan gizi untuk melengkapi asupan nutrisi bagi buah hati mereka. 

“Anak yang mengonsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang akan memiliki saluran pencernaan yang sehat dan dapat menyerap nutrisi dengan baik sehingga anak akan memiliki selera makan dan pola tidur yang baik yang dapat menunjangnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal,” tegasnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Brand Manager Nestlé Lactogrow Gusti Kattani Maulani bahwa untuk menjadikan si kecil tumbuh bahagia, maka dibutuhkan keselarasan antara nutrisi, stimulasi, dan keterlibatan orang tua dalam membangun dan memupuk kondisi grow happy. 

“Dengan peran orang tua yang semakin menantang saat ini, membuat Nestlé Lactogrow berupaya membantu orang tua dengan menggelar workshop “Grow Happy Parenting” untuk berbagi informasi dan kiat mengenai pola asuh anak serta tips memberikan nutrisi seimbang dan lengkap untuk tumbuh bahagia, yang dapat diterapkan dengan mudah. Pada kesempatan ini Nestlé Lactogrow juga memperkenalkan tampilan barunya yang telah diperkaya dengan DHA, kalsium, minyak ikan, dan Lactobacillus reuteri yang bermanfaat untuk tumbuh kembang,” tandasnya.

Melalui kampanye Grow Happy, Nestlé Lactogrow ingin membantu orang tua untuk bisa menerapkan kemampuan untuk membangun kebahagiaan dirinya sendiri agar bisa membagikan kebahagiaannya pada anak dan keluarga serta menyediakan nutrisi yang optimal bagi anak-anak untuk tumbuh bahagia.kbc6

Bagikan artikel ini: