Laris manis di IIMS Surabaya 2018, penjualan Toyota terdongrak 30%

Senin, 12 November 2018 | 10:27 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Akhir tahun menjadi momen emas bagi agen pemegang merek (APM) kendaraan bermotor di Tanah Air untuk menggenjot penjualan. Pasalnya, masyarakat banyak yang berburu alat transportasi ini menjelang pergantian tahun.

Hal itu pula yang dirasakan Auto2000, selaku jaringan penjualan dan purna jual mobil Toyota bagian dari Astra International yang sukses mendapat animo cukup tinggi dalam keikutsertaanya di ajang International Motor Show (IIMS) Surabaya 2018 yang berlangsung di Grandcity Mall & Convex Surabaya, pada 7-11 November 2018.

Koordinator Wilayah Auto2000 Jawa Timur, Iksir Imanuwell Thouby mengatakan, sepanjang lima hari gelaran pameran tersebut, pihaknya berhasil membukukan transaksi sebanyak 352 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK).

"Angka ini akan terus bertambah karena belum ditutup secara resmi. Jumlah ini melampaui target yang kita tetapkan yakni sebanyak 300 unit," katanya di sela pengundian program spesial di booth Toyota pada IIMS Surabaya 2018 di Grandcity Mall & Convex Surabaya, Minggu (11/11/2018) malam.

Menurut Iksir, ajang pameran seperti IIMS Surabaya 2018 tersebut cukup signifikan dalam mendongkrak penjualan Toyota. "Bisa mendongkrak sekitar 30 persen dalam penjualan di bulan ini. Jika biasanya rata-rata penjualan Toyota di Jatim sekitar 2.100 unit, dengan tambahan 352 unit ini tentu sangat berarti mendongkrak penjualan bulan ini," ulasnya.

Dipaparkannya, dari total penjualan yang didapat sepanjang gelaran IIMS Surabaya 2018 tersebut, didominasi tipe Toyota Calya, Avanza, serta All New Rush yang memberikan kontribusi sekitar 70 persen.

Toyota sendiri memajang 7 unit mobil dari berbagai model dan tipe di ajang tersebut, yakni New Rush 1.5 G A/T dress up, Calya 1.2 G A/T dress up, Yaris 1.5 S A/T TRD cutting sticker, juga New Rush S A/T TRD, Veloz 1.3 A/T, Kijang Innova 2.4 V A/T, dan New Fortuner 2.4 VRZ TRD A/T.

Iksir menambahkan, selama IIMS Surabaya 2018, pihaknya menggelar program spesial dan benefit tambahan untuk setiap pembeli, antara lain bunga spesial mulai dari 1,28% atau potongan biaya administrasi untuk pembelian unit secara kredit. Termasuk kesempatan memenangkan undian berhadiah berupa smartphone, TV LED, sepeda MTB, dan sepeda motor untuk pembelian baik secara tunai maupun kredit. Plus adanya tambahan voucher dari leasing yang bekerja sama dengan Toyota, seperti ACC dan TAF.

“Akhir tahun merupakan momen yang sangat tepat untuk membeli mobil baru dan Surabaya mempunyai potensi pasar yang sangat besar menjadi alasan Auto2000 mewakili Toyota hadir di pameran llMS Surabaya 2018. Dan kami bersyukur bahwa animo konsumen luar biasa," sebut Iksir.

Dia bilang, berdasar siklus pasar yang selama ini terjadi, penjualan mobil di akhir tahun mengalami peningkatan 20 persen. Hal ini selain didorong oleh banyaknya masyarakat yang tak mau merasakan kenaikan pajak di setiap awal tahun, juga banyaknya masyarakat yang menerima bonus akhir tahun dan dibelanjakan kendaraan bermotor.

"Banyak yang berburu mobil keluaran tahun 2018, bahkan kita juga punya stok kendaraan tahun 2017, dan itu ada harga spesial, seperti tipe Fortuner, Altis, Veloz, serta Sienta," pungkasnya. kbc7

Bagikan artikel ini: