BCA guyur kredit bagi pedagang untuk miliki kios usaha

Selasa, 13 November 2018 | 07:12 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Bank Central Asia Tbk ( BCA) menggandeng PT Askara Bangun Cemerlang (ABC) sebagai partner untuk menyalurkan kredit usaha kecil (KUK) kepada pembeli kios di Pasar Gudang Tigaraksa, Balaraja, Tangerang.

Penyaluram kredit ditandai dengan penandatanganan kerja sama antara Kepala Kantor Wilayah XII BCA Freddy Suliman, Senior Vice President Commercial Business & SME BCA Elvriawati Tumewah, Komisaris PT Askara Bangun Cemerlang Fredy Candra, dan Direktur PT Askara Bangun Cemerlang Andreas Handoyo Muliono di Tangerang, Senin (12/11/2018).

Freddy Suliman mengatakan, program kredit kepemilikan tempat usaha tersebut akan memudahkan para pedagang memiliki kios di Pasar Gudang Tigaraksa untuk pengembangan usaha kecil mereka. 

“Eksistensi pasar rakyat yang selama ini menjadi jantung perekonomian masyarakat kecil dan menengah harus dijaga di tengah maraknya pembangunan pasar swalayan atau ritel internasional," ujar Freddy dalam keterangan tertulis, Senin (12/11/2018).

Freddy mengatakan, pasar rakyat turut berperan penting sebagai pondasi dari perekonomian nasional.Oleh karena itu, BCA berkomitmen menghidupkan kembali geliat pasar rakyat demi kesejahteraan bangsa melalui penyaluran kredit.

Fasilitas kredit yang diberikan berupa KUK berbentuk kredit investasi dengan Pagu program sebesar Rp 20 miliar. Fasilitas ini diberikan BCA kepada pedagang atas referensi PT Askara Bangun Cemerlang berdasarkan perjanjian kredit yang pemberiannya disesuaikan dengan kebutuhan pembiayaan dan kemampuan masing-masing pedagang.

Dalam fasilitas kredit ini, BCA mengucurkan fasilitas kredit kepada seluruh pedagang yang permohonan fasilitas kreditnya telah memenuhi syarat dan ketentuan. Jangka waktu pemberian fasilitas kredit maksimal lima tahun, terhitung sejak tanggal penandatanganan perjanjian antara BCA dan pedagang.

Adapun jumlah fasilitas kredit oleh BCA kepada pedagang setinggi-tingginya adalah sebesar 75 persen dari nilai pasar kios dan maksimal sebesar Rp90 juta per kios.

Per akhir September 2018, BCA mencatatkan kinerja cemerlang dari sisi UMKM yang tumbuh signifikan 23 persen YoY mencapai Rp 60 triliun. Jumlahnya 12 persen terhadap total kredit.

"Kami berharap tentunya kerja sama penyaluran kredit ini dapat berkontribusi memperluas jaringan bisnis untuk penyaluran KUK BCA, serta memudahkan akses finansial untuk UMKM bagi para pedagang kios," kata Freddy. kbc10

Bagikan artikel ini: