Menkop UKM sebut pengusaha kecil kini dimanjakan, ini alasannya

Sabtu, 15 Desember 2018 | 19:46 WIB ET

BALI, kabarbisnis.com: Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengatakan, saat ini pelaku usaha kecil menengah (UKM) Indonesia banyak dimanjakan. Hal ini juga sebagai wujud dukungan pemerintah terhadap pengembangan sektor ini.

Hal tersebut disampaikan Puspayoga saat membuka acara Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) Expo, di Gong Perdamaian Kertalangu, Denpasar Timur, Bali, Sabtu (15/12/2018).

"Apa sebab saya bilang dimanjakan, (saat ini) bunga kredit usaha rakyat (KUR) sekarang sudah 7%, kalau pinjam KUR (bunganya rendah) sudah 7%," jelasnya.

Puspayoga mengatakan bahwa sebelumnya bunga KUR pada pemerintahan sebelumnya sebesar 22%. Sehingga, kecilnya bunga pinjaman melalui KUR sangat memudahkan pelaku jika ingin memulai atau mengembangkan usahanya.

"(Selain itu), pajak penghasilan UKM juga diturunkan dari 1% menjadi setengah persen, ini kesempatan yang diberikan oleh Pak Presiden (Joko Widodo) bagaimana (agar) ekonomi kerakyatan itu bangkit," lanjutnya.

Puspayoga mengatakan, target utama dari program presiden saat ini adalah bagaimana meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan diikuti pemerataan kesejahteraan masyarakat.

"Pertumbuhan (ekonomi) meningkat harus bisa memberikan impact untuk menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran," ujarnya. kbc10

Bagikan artikel ini: